Sukses

Kerja Sama Kabinet Jokowi-JK Sangat Solid

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar mengakui bahwa sering kali beberapa menteri atau kepala lembaga saling silang pendapat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, kerja sama antar-kementerian dan lembaga dalam Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berjalan dengan baik dan sangat solid.

Luhut bercerita, ia pernah menjalani beberapa pemerintahan. Dari semua era tersebut, menurutnya, di bawah kepemimpinan Jokowi-JK, kerja sama para menteri di kabinet dan lembaga lain sangat naik. 

Ia mengakui bahwa sering kali beberapa menteri atau kepala lembaga saling silang pendapat. Namun saling silang tersebut tidak menjadikan jarak, justru membuat kerja sama semakin solid. Itu karena semua pihak yang saling silang pendapat mampu berdiskusi untuk mencari solusi.

"Saya kerja di banyak pemerintahan. Satu yang unik di pemerintahan ini adalah team work yang baik. Walau ada silang pendapat, masih dalam batasan," kata Luhut, dalam pemaparan 2 tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Luhut pun memuji kepemimpinan Jokowi-JK karena memberikan contoh atau panutan yang baik kepada bawahannya. Menurutnya, sikap pemimpin yang baik akan diikuti bawahannya. Hal tersebut telah dia alami ketika memimpin operasi militer melawan pemberontak Timor Timur.

"Saya di Timtim hampir cedera, anak buah itu lihat komandan, kalau curi-curi dia curi curi, kalau takut dia takut, kalau berani dia akan fight, sama seperti sekarang pemimpinnya mau mendengar dan berani," tutup Luhut. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini