Sukses

5 Tips Sederhana agar Sukses Saat Bekerja

Hal-hal kecil kadang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Hal-hal kecil kadang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam bekerja. Namun hal-hal ini kadang disepelekan dan tidak diimplementasikan saat bekerja sehari-hari.

Melansir laman Guardian, berikut ini lima tips sukses yang perlu Anda ketahui saat bekerja untuk menciptakan hubungan positif dengan atasan, rekan kerja maupun klien kantor:

1. Komunikasi lewat telepon

Saat menangani masalah yang sama dengan rekan kerja atau klien, dan telah berkali-kali dibahas melalui email, namun tidak menemukan jalan keluar. Coba cara lain, yakni dengan menelpon orang yang bersangkutan.

Terkadang melalui percakapan langsung kamu atau orang bisa lebih memahami apa yang dimaksud, selain itu kamu juga dapat lebih akrab dan mengenal lawan bicara.

2. Balas email dengan ramah

Saat membalas email tentang pekerjaan, kebanyakan oraang hanya menulis hal yaang singkat. Cobalah lebih ramah dengan menulis kata-kata ramah. Tidak hanya membalas dengan sekedar menulis Ok atau thanks.

Contoh, Anda bisa menulis “Halo John, terima kasih atas informasinya. Saya harap ini bisa membantu. Tolong informasikan jika ada hal lain yang bisa dilakukan, salam." Hal ini penting, karena dapat membangun hubungan yang positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Senyum

3. Senyum

Jika selama ini orang di sekitar Anda selalu tampak menyapa bahkan terkesan seperti marah, mungkin salah satu sebabnya karena Anda jarang tersenyum.

Cobalah bersikap lebih ramah dan berikan senyum dengan rekan rekan kerja di sekitar. Biasanya keadaan akan lebih baik jika kita sering tersenyum.

4. Menghormati rekan kerja

Saat rapat atau bertemu klien membahas sebuah proposal, pastinya selalu terjadi diskusi. Sebelum Anda memberi pendapat, coba biarkan rekan Anda tahu bahwa Anda menghormatinya.

Sebaiknya persilakan terlebih dahulu rekan Anda, ini akan membuat diskusi lebih produktif, biasanya rekan Anda juga akan melakukan hal yang sama dan terkesan tidak mementingkan pribadi.

3 dari 3 halaman

Coba memahami



5. Coba memahami

Ketika diminta oleh atasan untuk membuat perubahan saat menyusun proposal, kerjakanlah dengan bersuka cita, jangan pernah mengeluh dalam hati.

Pahamilah bahwa atasan meminta perubahan ke arah yang lebih baik. Dan sebaiknya minta saran untuk perubahan yang akan dibuat.

Dengan melakukan hal-hal yang kecil, maka Anda dapat membuat perbedaan yang besar. Anda juga bekerja dengan cerdas serta dapat menyenangkan banyak orang yang bekerjasama dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini