Sukses

6 Cara Kreatif Kelola Gaji

Mengelola gaji kecil dengan tepat dapat membuat Anda terhindar dari kondisi keuangan tak sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Gaji kecil memang dapat menjadi hambatan untuk banyak pekerja, mungkin tidak terlalu berpengaruh pada pegawai yang belum berkeluarga, tetapi kecilnya gaji sering membuat pegawai yang telah berumah tangga kewalahan.

Kewajiban dan kebutuhan yang lebih besar membuat banyak pegawai dengan gaji kecil memiliki kualitas hidup yang rendah.

Gaji yang rendah pun membuat Anda kesulitan menyimpan uang, jangankan menabung, untuk hal-hal lain seperti, mobil atau rumah pun dapat menjadi hambatan tersendiri.

Hambatan ini mungkin saja timbul bukan dari rendahnya gaji, tetapi dari cara tata keuangan Anda yang bermasalah. Cara pengelolaan yang tepat dapat membuat Anda terhindar dari kondisi keuangan yang tidak sehat.

Terdapat beberapa cara kreatif untuk mengelola gaji kecil yang dapat Anda terapkan pada rumah tangga Anda, seperti dikutip dari cermati.com, Minggu (23/10/2016):

1.Evaluasi ulang keuangan Anda

Periksa seluruh pendapatan dan pengeluaran anda dan temukan masalah yang membuat kesehatan keuangan Anda buruk.

Mungkin masalah terdapat pada jumlah cicilan yang terlalu tinggi, umumnya cicilan KPR. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih bank yang menawarkan cicilan KPR baik dengan periode yang lebih lama atau bunga yang lebih rendah. Jika menurut Anda, jumlah nya tetap masih terlalu besar, Anda dapat menyewa atau mencari kontrakan rumah terlebih dahulu.

2. Tetapkan budget untuk belanja bulanan

Ketika Anda tidak memiliki pendapatan yang terlalu tinggi, Anda akan lebih menyadari apa yang dimiliki. Menetapkan anggaran setiap bulan akan membantu untuk memastikan pengeluaran Anda masih pada jalurnya.

Rencanakan pengeluaran setiap awal bulan dan usahakan untuk tidak membeli barang yang sudah ada atau yang dapat ditunda. Anda pun harus membedakan kebutuhan dengan keinginan dan kebutuhan mana yang harus diprioritaskan. Dengan membiasakan diri mematuhi rincian tersebut, Anda akan lebih mudah mengelola keuangan secara sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rapikan Pengeluaran

3.Rapikan pengeluaran biaya tetap

Apabila Anda merasa ada beberapa bulan saat pengeluaran lebih besar dibandingkan bulan lainnya berarti pengeluaran Anda belum rapi.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menandai kalender dengan tanggal-tanggal jatuh tempo, antara lain cicilan, listrik dan air, atau kartu kredit. Lalu sisihkan uang anda untuk membayar kewajiban tersebut. Dengan cara ini, Anda akan terhindari dari pembengkakan biaya tiba-tiba.

4. Maksimalkanlah fasilitas dan tunjangan yang diberikan

Mayoritas perusahaan Indonesia telah memberikan beragam tunjangan yang dapat dinikmati oleh pegawai dan juga pasangannya (suami/istri).

Seperti contoh, Anda dapat memanfaatkan tunjangan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan anda atau fasilitas antar jemput untuk menghemat pengeluaran bahan bakar. Selain tempat kerja, anda pun dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan gratis oleh pemerintah seperti Kartu Jakarta Pintar atau BPJS. Pintarlah dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

3 dari 3 halaman

Berhati-hati Gunakan Kartu Kredit

5. Berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit

Pertama-tama, Anda harus pintar memilih pinjaman yang cocok dengan anda; pilihlah fasilitas kartu kredit yang menjanjikan gratis biaya pendaftaran, bunga pinjaman rendah dan fasilitas atau promo yang beragam.

Setelah Anda mendapatkan kartu kredit yang sesuai, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Penelitian membuktikan kartu kredit adalah cara termudah menghabiskan uang.

Kontrol kartu kredit yang baik dapat membantu anda terhindar dari bunga hutang yang terlalu besar.

6. Sesuaikan kewajiban dengan hiburan Anda

Kondisi psikologis Anda menentukan produktivitas anda; jika Anda terlalu stres, maka akan sulit untuk berpikir dengan cepat.

Manfaatkan hiburan gratis atau dengan biaya rendah, contohnya anda dapat mengunjungi tempat wisata ke museum atau taman kota dan menikmati pemandangan dengan biaya nol. Pilihan lain Anda dapat menghabiskan waktu dengan anak-anak di rumah dengan meningkatkan kreativitas yaitu berkebun, masak atau berkumpul. Hidup yang seimbang yang murah dapat membantu anda mengelola keuangan anda.

Pengelolaan Keuangan yang Baik Adalah Kuncinya

Gaji tinggi tanpa pengelolaan keuangan yang baik tidak akan membuat Anda lebih sejahtera. Pengelolaan keuangan yang baik adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup.

Yang terpenting jangan sampai Anda putus asa dan menyerah, kuncinya adalah tetap bersyukur dengan segala sesuatu yang dimiliki dan berusahalah untuk apa yang belum dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini