Sukses

Pencairan Dana Tol Trans Jawa Keluar November

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Presiden Joko Widodo- Wapres Jusuf Kalla terus mendorong pembiayaan investasi di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk suntikan modal pemerintah terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menggarap proyek infrastruktur.

Salah satunya akan diwujudkan melalui pembangunan jalan tol Trans Jawa sepanjang 1.000 kilometer (km) yang ditargetkan rampung 2018. 

"Kami akan fokus mendorong infrastruktur pembiayaan non APBN, tidak lagi menggunakan belanja Kementerian/Lembaga, tidak lagi pakai Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk proyek tol Trans Jawa," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di Jakarta, seperti ditulis Minggu (23/10/2016).

Lebih jauh dia mengakui, pemerintah ingin merealisasikan pembangunan proyek jalan tol Trans Jawa di akhir 2018. Utamanya jalan tol rute Jakarta-Surabaya. Proyek ini sudah ditugaskan kepada BUMN, seperti PT Hutama Karya, PT Jasa Marga Tbk, PT Wijaya Karya Tbk.

"Untuk membangunnya, mereka butuh tambahan modal. Pinjaman banyak tersedia di bank, tapi masalahnya mereka kekurangan ekuitas. Karena itu, kami dorong skema ekuitas akan disediakan BPJS Ketenagakerjaan, Taspen, PT SMI, serta pertama kalinya didorong dana pensiun masuk langsung ke proyek infrastruktur," jelas Bambang. 

Dengan demikian, dia menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan, Taspen atau perusahaan dana pensiun tidak lagi hanya mengandalkan imbal hasil dari deposito di perbankan maupun pembelian Surat Utang Negara (SUN) karena mereka masuk ke proyek sektor riil.

"Melalui cara ini diharapkan financial closing proyek tol Trans Jawa selesai November atau Desember ini, sehingga BUMN bisa bangun semua ruas pada 2017 dan merampungkannya di akhir 2018. Di mana Jakarta-Surabaya sudah terhubung jalan tol," harap Bambang.

Adapun rute jalan tol yang masuk proyek Trans Jawa dengan perkiraan kebutuhan investasi Rp 40,37 triliun, antara lain : 

Cinere-Serpong sepanjang 10,1 kilometer (km)
Depok-Antasari 12,1 km
Cimanggis-Cibitung 26,4 km
Bekasi-Cawang-Kampung Melayu 11 km
Ciawi-Sukabumi 54 km
Kanci-Pejagan 35 km
Pejagan-Pemalang 57,5 km
Pemalang-Batang 39,2 km
Batang-Semarang 75 km
Solo-Ngawi 90,1 km
Ngawi-Kertosono 87 km
Pasuruan-Probolinggo 31,3 km. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini