Sukses

Top 3: Cerita Arcandra Tahar Ketika Kembali ke Indonesia

Artikel perihal Arcandara Tahar menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengangkat Arcandara Tahar sebagai salah satu pejabat di negeri ini, usai lengser dari jabatannya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun kali ini Arcandara diangkat sebagai Wakil Menteri ESDM. Arcandra Tahar menceritakan pengalamannya saat pulang ke Indonesia untuk menduduki posisi di Kementerian ESDM.

Arcandra mencatat rekor baru dalam sejarah kabinet Indonesia menjadi orang pertama yang menjabat menteri dalam waktu paling singkat 20 hari.

Artikel perihal Arcandara pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Minggu (23/10/2016):


1. Cerita Arcandra Tahar Ketika Kembali ke Indonesia

Wakil Menteri Energi Sumber dan Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menceritakan pengalamannya saat pulang ke Indonesia untuk menduduki posisi di Kementerian ESDM.

Sebelumnya Arcandra Tahar tak dikenal publik. Kondisi pun berubah sejak dirinya dilantik sebagai Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016.

Namun akibat status kewarganegaraan, pria kelahiran Padang 10 Oktober 1970 ini diberhentikan secara hormat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arcandra mencatat rekor baru dalam sejarah kabinet Indonesia menjadi orang pertama yang menjabat menteri dalam waktu paling singkat 20 hari. Berita selengkapnya di sini.

2. Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik Mulai Hari Ini

Kenaikan tarif Tol Jakarta-Cikampek mulai berlaku pada Sabtu pukul 00.00 WIB. Kenaikan tarif tersebut telah diumumkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Senin, 17 Oktober 2016.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, besaran kenaikan tarif tol disesuaikan dengan tingkat inflasi daerah yang menjadi lokasi ruas tol tersebut.

Hal ini tertuang dalam dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1)‎ Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali oleh BPJT berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pergerakan inflasi. Berita selengkapnya di sini.

3. 2 Tahun Jokowi-JK, Harga Komoditas Turun Berkat Tol Laut

Dalam dua tahun masa pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), terjadi penurunan harga komoditas di sejumlah wilayah terpencil dan terluar di Indonesia.

Penurunan harga tersebut merupakan hasil dari jalannya proyek tol laut yang dicanangkan oleh pemerintah.

Dikutip dari kerjanyata.id,dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah trayek angkutan laut pe‎rintis. Pada 2014, jumlah trayek angkutan perintis sebanyak 84 trayek, kemudian meningkat di 2015 menjadi 86 trayek.

Pada 2016, jumlah tersebut kembali meningkat 10 trayek menjadi 96 trayek. Dari jumlah trayek ini, 54 trayek dilayani oleh kapal negara, 42 trayek dilayani oleh kapal swasta dan 1 trayek khusus angkutan ternak. Berita selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.