Sukses

SMRC: Kinerja Menteri Susi Paling Bagus di 2 Tahun Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengumumkan hasil Survei Nasional yang menunjukkan 54 persen masyarakat Indonesia cukup puas dengan kinerja menteri secara umum dalam dua tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Masyarakat menilai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti memiliki kinerja paling bagus dibanding Kementerian/Lembaga lain.

Survei ini melibatkan 1.035 responden yang diwawancarai langsung. Jumlah tersebut 84,8 persen dari total responden yang dipilih secara acak 1.220 responden. Responden berasal dari 34 Provinsi di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua.

Peneliti SMRC Sirojudin Abbas, mengatakan, sebanyak 54 persen warga merasa cukup puas dengan kinerja Menteri Jokowi-JK secara umum. Yang puas sebanyak 4 persen, dan 30 persen warga mengaku kurang puas, serta 4 persen menyatakan tidak puas.

"Mayoritas warga atau 58 persen puas dengan kinerja menteri Jokowi-JK secara umum, dan sisanya tidak puas," tegasnya saat Diskusi Evaluasi Publik Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Minggu (23/10/2016).

SMRC merilis hasil survei Kementerian yang mencatatkan kinerja terbaik pilihan masyarakat. Datanya menunjukkan bahwa KKP di bawah tangan dingin Menteri Susi berhasil mendulang prosentase 23 persen warga yang merasa kinerja KKP paling baik.

Kemudian disusul Kementerian Agama 8,4 persen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 5,5 persen, dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) 4,6 persen.

"Kinerja Kementerian yang paling baik KKP, dan paling buruk terpilih Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian 7,6 persen," ujar Sirojudin.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengatakan, Menteri Susi merupakan figur atau sosok yang luar biasa di mata masyarakat. Susi, dinilainya memiliki komitmen besar terhadap pemberantasan IUU Fishing di Indonesia.

"Ibu Susi figur yang luar biasa, sukses juga sebagai pengusaha. Sosoknya berani dan pemerintahan ini butuh menteri-menteri seperti beliau. Jadi perlu diapresiasi kinerja Ibu Susi ini," jelas Politikus dari Partai Gerindra ini.

Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait menambahkan, dalam dua tahun ini, kepercayaan publik terhadap Menteri Susi sangat tinggi karena melihat kinerjanya menjaga kedaulatan laut Indonesia.

"Harapannya, peraturan-peraturan yang dibuat Ibu Susi ke depan bisa makin menyejahterakan nelayan. Ibu Susi harus terjun ke lapangan, mau mendengar sehingga kalau ada aturan yang memberatkan, diperbaiki," saran Ara.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini