Sukses

6 Tips Cetak Uang untuk Pengangguran

Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda menghasilkan uang bahkan jika Anda sedang menganggur.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang mau jadi pengangguran dan tak memiliki penghasilan. Tak ada orang yang betah dalam kondisi seperti itu. Namun di sisi lain, mencari pekerjaan pun tidaklah mudah. 

Meski menganggur dan tak memiliki pekerjaan, bukan berarti Anda tidak produktif. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang meski tak memiliki pekerjaan tetap. 

Bagaimana caranya? Berikut tips mencetak uang meski sedang menganggur.

1. Membuat blog dan hasilkan uang

Internet dipenuhi dengan berbagai jenis blog yang ditujukan untuk semua jenis topik. Banyak dari mereka tidak menghasilkan uang, namun ada beberapa yang menarik pendapatan yang menguntungkan dan rutin.

Jika Anda berhasil menghasilkan uang setiap bulan dari blogging, pastinya dapat berguna, terutama ketika Anda sedang tidak bekerja. Jika Anda kreatif, akan semakin banyak pengunjung blog Anda dan juga membuat sponsor tertarik bekerja sama dengan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengurus hewan peliharaan orang lain

2. Mengurus hewan peliharaan orang lain

Percayakah Anda bahwa cinta terhadap hewan peliharaan dapat menjadi sumber penghasilan? Banyak pemilik hewan peliharaan saat ini tidak punya waktu untuk membawa hewan peliharaan mereka untuk berjalan-jalan di siang hari ataupun sekedar untuk memberi makan hewan peliharaan mereka. Jadi ada uang yang bisa dibuat dari kesempatan tersebut yaitu dengan mengajak mereka berjalan-jalan.

3. Mengajar online

Jika Anda memiliki keahlian, entah mengenai perdagangan atau pengetahuan tentang bahasa asing tertentu, Anda dapat dengan mudah mencari penghasilan dengan cara mengajar orang lain.

Ada banyak situs yang mencari orang-orang yang dapat mengajarkan keterampilan ini secara online. 

Anda akan mendapatkan pengalaman yang Anda dapat masukkan ke dalam resume Anda. Tetapi berhati-hatilah, banyak orang telah berhasil membuat karir yang sukses keluar dari mengajar orang online, namun tidak semua orang dapat melakukannya dengan sukses.

4. Berpartisipasi dalam studi penelitian

Mungkin ide yang berpartisipasi dalam studi penelitian dan uji klinis mungkin terdengar sedikit menakutkan, karena selalu ada ketakutan bahwa sesuatu bisa salah. Tapi banyak dari mereka yang aman dan Anda bisa mendapatkan uang dengan jumlah yang layak.

Carilah hal itu melalui internet, panel penelitian, uji klinis, survei dan peluang berbayar lainnya yang sedang mencari peserta. Jumlah uang yang akan Anda dapatkan bisa bervariasi, tetapi ini masih merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperoleh uang ekstra.

3 dari 3 halaman

5. Menjadi streamer

 

5. Menjadi streamer game

Banyak orang menghabiskan uang dan waktu untuk bermain video game, tetapi ada orang-orang yang melakukannya dengan cara lain yakni membuat uang dengan bermain video game.

Jika Anda adalah seorang gamer dan membutuhkan uang tunai, maka ini adalah kesempatan yang baik untuk mengubah hobi Anda menjadi sebuah pertunjukan berbayar. Berkat situs streaming seperti Twitch dan YouTube Gaming, banyak orang yang beruntung setelah mereka ditemui oleh penyiaran gameplay mereka di internet.

Namun, mengubah aliran Anda ke bisnis yang menguntungkan adalah bukan tugas yang mudah, karena Anda perlu membangun penonton yang cukup besar yang akan bersedia untuk menonton dan membayar.

6. Jual Barang-barang Anda

Hal ini ada di sekitar kita, karena sebagai manusia kita selalu menggantung atau menyimpan barang-barang yang tidak lagi kita gunakan, apakah itu adalah tumpukan pakaian di lemari Anda, sepeda yang tidak pernah Anda naiki atau satu set TV cadangan.

Jika Anda melihat hal itu seperti meninggalkan tumpukan uang yang besar dan hanya tersimpan di sekitar rumah Anda pikirkan untuk menjualnya kembali. Daripada tidak terpakai, lebih baik Anda menjualnya dan mendapatkan uang dari hasil tersebut.

(Lydia Viera Arumdhita)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.