Sukses

Bank Dunia: Ekonomi RI Tumbuh Baik di Tengah Perlambatan Global

Perbaikan pengelolaan fiskal dapat mendukung pertumbuhan PDB Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia menilai ekonomi Indonesia mampu tumbuh positif di tengah pelemahan ekonomi global. Hal ini didorong dari perbaikan tata kelola fiskal yang memperkuat ekonomi Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan baik di tahun 2016. Kebijakan publik dan reformasi struktural yang dilakukan pemerintah dinilai mampu memberikan dampak positif.

"Perbaikan tata kelola fiskal, kebijakan publik yang lebih kuat serta reformasi struktural, termasuk tanggapan tepat waktu terkait harga pangan telah memberikan hasil positif," katanya dalam acara Indonesia Economic Quarterly di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Ia optimistis pemerintah mampu mempertahankan kebijakan yang telah dilakukan selama ini. Perbaikan pengelolaan fiskal dapat mendukung pertumbuhan PDB Indonesia yang diproyeksikan 5,1 persen di tahun 2016 "Kami yakin pemerintah dapat terus melakukan kualitas pengeluaran yang efisien," tuturnya.

Selain itu, Bank Dunia juga mencatat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mengalami peningkatan menjadi 5,2 persen di triwulan dua 2016. Angka tersebut meningkat 0,3 persen dibandingkan triwulan satu tahun 2016 sebesar 4,9 persen. 

Sebelumnya, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde juga memberikan pujian atas perkembangan ekonomi yang dialami oleh Indonesia. Lagarde menilai reformasi kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu memberikan dampak positif.

Reformasi kebijakan ekonomi Indonesia, khususnya pengurangan subsidi BBM, dinilai telah memberikan ruang fiskal bagi pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Melansir imf.org, Jumat (7/10/2016), hal ini disampaikan oleh Lagarde dalam konferensi pers di Kantor Pusat IMF, Washington DC. Lagarde mengatakan, banyak perkembangan dan kerja sama yang ditunjukkan oleh Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

"Akan sangat menyenangkan untuk dapat menyaksikan secara langsung reformasi yang sedang dilakukan" ujar dia. (Vna/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.