Sukses

7 Cara Hemat Uang Saat Jadi Pengangguran

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bekerja dan belum memiliki penghasilan yang tetap jadi hambatan yang dihadapi oleh orang yang menganggur. Dalam kondisi seperti ini, kondisi keuangan pun menjadi sulit untuk dikendalikan.

Kalaupun mereka bekerja sebagai pekerja lepas, hal itu pun belum tentu menjadi solusi karena penghasilan yang didapat sifatnya tidak menentu.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat uang walaupun menyandang status sebagai pengangguran.

Berikut ulasannya dilansir dari laman wisebread.com, Kamis (27/10/2016):

1. Hindari kebiasaan menguras uang

Lupakan keinginan untuk membeli sepatu, laptop, atau TV baru yang Anda idamkan saat menjadi pengangguran. Hidup tanpa pekerjaan bukanlah waktu yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan banyak uang.

Hindari juga beberapa kebiasaan yang bisa menguras uang dengan cepat seperti merokok, jalan-jalan atau makan di restoran mewah.

2. Gunakan alat transportasi alternatif

Menggunakan transportasi publik bisa menjadi cara untuk menghemat pengeluaran bensin dan dan kendaraan.

Ongkos yang diperlukan untuk naik kendaraan umum cukup terjangkau. Hal ini membuat Anda bisa menghemat uang lebih banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan di rumah

3. Makan di rumah

Salah satu cara mudah untuk menghemat uang adalah dengan makan di rumah. Dibanding harus makan di restoran dan mengeluarkan uang lebih banyak, Anda bisa memasak sendiri makanan yang disuka.

Anda bisa mulai berbelanja bahan makanan di pasar tradisional seperti beras, daging ayam, sayuran, buah, dan bumbu dapur untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

4. Hemat saat belanja kebutuhan

Saat harus belanja kebutuhan di supermarket, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan membeli barang dalam jumlah lebih banyak. Anda juga bisa memanfaatkan kupon untuk mendapat potongan harga.

5. Menjadi pekerja lepas

Anda bisa menambah pundi-pundi keuangan dengan menjadi seorang pekerja lepas. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus terikat kontrak dan terkekang waktu.

Anda juga bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk menawarkan jasa di bidang tertentu.

3 dari 3 halaman

Buat rencana pengeluaran

6. Buat rencana pengeluaran

Akan lebih mudah mengontrol keuangan yang ada apabila Anda memiliki rencana pengeluaran yang baik.

Dalam rencana pengeluaran tersebut, hindari untuk membelanjakan uang Anda di beberapa kebutuhan yang tidak perlu. Jangan lupa untuk membuat rencana pengeluaran serealistis mungkin.

7. Hindari penggunaa kartu kredit

Jangan pernah mencoba untuk menambah hutang saat Anda berstatus sebagai pengangguran. Untuk itu, hindarilah penggunaan kartu kredit saat melakukan pembayaran.

Uang tunai yang terbatas membantu Anda untuk tidak boros atau mengeluarkan dana lebih besar daripada kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini