Sukses

PLN Ungkap Penyebab Ledakan di Depan Kuta Square Bali

PLN memadamkan listrik kepada 10 pelanggan akibat ada panel tegangan rendah di gardu distribusi yang terbakar.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengungkapkan suara ledakan di depan Kuta Square, Jalan Tegalwangi, Kuta Bali  berasal dari panel tegangan rendah PLN di gardu distribusi  yang terbakar.

Manajer Area Bali Selatan I Nyoman Sueca memaparkan,‎ panel tegangan rendah yang terbakar dan kabel di dalam panel putus sehingga menimbulkan percikan bunga api. Kabel yang putus di dalam panel memukul pintu panel sehingga menciptakan suara seperti ledakan.

"Kami mohon maaf atas peristiwa terbakarnya panel listrik yang terjadi pada gardu distribusi Kami yang terletak di Kuta," kata Sueca, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Sueca menuturkan,terbakarnya panel listrik (LV Board) pada gardu depan pertokoan kawasan Kuta Square, pada saat yang bersamaan LV Board di KA 4 di Jalan Tegalwangi Kuta juga terbakar karena kedua LV Board tersebut merupakan satu rangkaian dari trafo yang sama.

Sesaat setelah kejadian api berhasil dipadamkan dengan menggunakan APAR Foam oleh satuan pengamanan Kuta Square, dan beruntung api tidak merembet ke panel listrik lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 10 pelanggan tegangan rendah dengan total daya 65 kW terpaksa dipadamkan listriknya. Saat ini petugas PLN sedang melakukan proses penormalan dengan cara memasang instalasi darurat dengan saluran udara dan mengganti LV Board yang mengalami gangguan.

Selain itu, PLN meminta maaf kepada seluruh pihak-pihak yang terganggu kenyamanannya akibat kejadian tersebut.

PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan ke depannya akan diupayakan koordinasi dengan pihak pengelola agar difasilitasi tempat atau ruang untuk pemasangan panel dan gardu pembagi di beberapa titik lokasi Kuta Square untuk memecah beban kelistrikan di daerah Kuta Square.

"Kami juga mohon maaf atas pemadaman yang harus kami lakukan kepada 10 pelanggan PLN. Kami juga memastikan bahwa tidak ada gardu milik PLN yang meledak," tutur Sueca.

Sebelumnya terjadi ledakan di pertokoan Kuta Square di Jalan Dewi Sartika, Kuta, Bali, pada Selasa siang, 25 Oktober 2016. Ledakan tersebut mengakibatkan pengunjung dan pegawai di Kuta Square panik.

Dari informasi yang dihimpun, ledakan itu terjadi akibat gardu listrik di pertokoan Kuta Square meledak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini