Sukses

Gandeng Bank CTBC Indonesia, Zurich Topas Life Garap Sektor UMKM

Saat ini hanya 22 persen dari total 57,8 juta UMKM di Indonesia yang memiliki akses ke layanan keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Alasannya, sektor tersebut paling mampu bertahan terhadap terjangan krisis. Namun sayangnya, sektor UMKM belum banyak terjamah akses layanan keuangan termasuk juga perlindungan. 

Saat ini hanya 22 persen dari total 57,8 juta UMKM di Indonesia yang memiliki akses ke layanan keuangan, termasuk proteksi. Penyerapan proteksi berupa asuransi jiwa kredit di segmen UMKM masih terbilang rendah dan belum banyak tersedianya pilihan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Melihat kesempatan tersebut, PT Zurich Topas Life pun menjalin kerja sama dengan PT Bank CTBC Indonesia meluncurkan dua produk proteksi jiwa kredit ProteksiKu dan ProteksiKu Tetap. Dengan produk bancassurance ini, pengusaha UMKM yang menjadi debitur Bank CTBC Indonesia akan mendapatkan perlindungan jiwa terhadap risiko meninggal dunia selama masa kreditnya.

“Berbeda dengan korporasi besar, UMKM memiliki ketergantungan tinggi pada pemiliknya. Dengan adanya proteksi jiwa kredit, UMKM dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis," ujar Presiden Direktur Zurich Topas Life Peter Huber, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (26/10/2016).

Produk terbaru dari Zurich Topas Life ini didesain untuk menyesuaikan kebutuhan UMKM dengan menyediakan nilai premi dan proteksi yang dinamis, sesuai dengan nilai pinjaman nasabah.

Untuk Proteksiku, pertanggungan akan menurun mengikuti sisa jumlah pinjaman. Sementara untuk Proteksiku Tetap, perlindungan dapat menyesuaikan kebutuhan nasabah dengan pilihan perlindungan sebesar 50 persen, 75 persen, dan 100 persen dari nilai pinjaman debitur.

Director and Chief Distribution Officer Zurich Topas Life Kumaran Chinan menambahkan, dengan adanya produk ini, perusahaan berharap dapat membantu meningkatkan akses proteksi bagi pelaku bisnis UMKM dan membantu mengurangi kesenjangan proteksi di Indonesia.

"Selain itu, kerja sama dengan Bank CTBC ini juga diharapkan dapat membuka dan mengoptimalkan channel distribution penjualan produk-produk asuransi melalui perbankan sebagai bagian dari strategi bisnis Zurich Topas Life melalui pertumbuhan yang organik.” jelas dia. 

Inayat Hisyam, Direktur PT Bank CTBC Indonesia mengatakan, dari sudut pandang perbankan, dengan adanya asuransi jiwa kredit dari Zurich Topas Life ini, maka nasabah akan merasa aman, nyaman, dan terjamin selama masa angsuran kreditnya berlangsung.

Kerjasama CTBCI dengan Zurich pun merupakan salah satu pandasan pengembangan wealth management berupa produk bancassurance sekaligus menjadi salah satu bukti dari konsistensi dan komitmen CTBCI dalam upaya untuk terus bertumbuh, bersaing dan memenuhi kebutuhan nasabah pasar bisnis perbankan ritel di Indonesia. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.