Sukses

Ini Kiat Saat Bekerja Jarak Jauh

Meski terdengar mudah dan efisien, bekerja secara jarak jauh punya tantangannya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang bekerja dari jarak jauh, ada dua persepsi yang berbeda mengenai hal ini. Di satu sisi ada yang merasa kurang efektif karena saat bekerja tidak bisa bertemu rekan atau tim ketika membahas tentang pekerjaan.

Sementara di sisi lain banyak yang merasa lebih efisien, karena bisa lebih bebas berekspresi tanpa terikat tenaga dan waktu.

Meski terdengar mudah dan efisien, bekerja secara jarak jauh mempunyai tantangannya sendiri. Tantangan utamanya seperti bagaimana membuat tim bekerja efektif walaupun tidak saling bertatap muka, terlebih untuk rekan yang tidak terbiasa bekerja tanpa ngobrol dan bertemu langsung.

Dilansir dari laman fastcompany.com, berikut ini beberapa kiat yang dapat dilakukan agar kerja dari jarak jauh bisa lebih menyenangkan dan bermanfaat seperti ditulis Sabtu (29/10/2016):

1. Temukan pekerjaan yang tepat

Ini merupakan aspek penting dari bekerja secara umum yang cenderung diabaikan. Kadang orang hanya melihat dari aspek gaji besar, tunjangan, fasilitas atau banyaknya bonus yang ditawarkan demi mencapai sebuah kenyamanan saat bekerja.

Padahal, bergaji besar dan banyaknya fasilitas yang diberikan bukanlah jaminan seseorang bisa menikmati pekerjaannya. Terkadang hal itu justru bisa menjadi beban pikiran saat bekerja.

Untuk menentukan apakah pekerjaan tersebut ‘tepat’ untuk Anda, sebaiknya perhatikan 3 komponen utama berikut ini :

- Apa yang ingin Anda lakukan di pekerjaan tersebut?

-Apakah Anda bisa memberikan yang terbaik untuk pekerjaan ini?

-Apakah ada nilai kontribusi yang akan Anda berikan untuk pekerjaan atau perusahaan saat bekerja?

Jika Anda sudah mendapat jawaban dan yakin bisa melakukan hal-hal di atas, inilah yang akan memberikan kepuasan, mengurangi stres, dan meningkatkan kinerja Anda saat bekerja.

Karenanya sebelum memutuskan mengambil tawaran bekerja jarak jauh, pikirkan baik-baik apakah Anda siap dengan semuanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Sistem Kerja yang Baik

2. Bangun sendiri sistem kerja yang baik

Ada banyak cara yang dapat dilakukan demi mencapai keberhasilan kerja. Yang terpenting terletak pada proses kerja yang Anda bangun sendiri.

Misalnya susunlah file di laptop atau komputer serapi mungkin, sehingga ini memudahkan ketika Anda mencari folder atau file yang dibutuhkan saat bekerja di cafe atau warung dengan menggunakan Wi-Fi gratis

Jangan sampai karena kerepotan mengatur file pekerjaan yang berantakan, waktu Anda jadi terbuang. Sehingga ketika ada tugas yang memiliki tenggat waktu, Anda belum siap dan masih berkutat dengan pekerjaan sebelumnya.

Bekerjalah dengan sistematis, sehingga ini bisa menghemat waktu dan mengurangi beban stres Anda dengan tidak menumpuk pekerjaan.

3. Tetap berkomunikasi dengan rekan atau tim kerja

Saat bekerja jarak jauh, pastinya intensitas berkomunikasi dengan rekan atau tim kerja sangatlah jarang, karena Anda tidak terhubung dan bertemu langsung dengan mereka.

Jika bekerja di kantor, saat jam istirahat Anda akan mudah menghampiri teman di ruangan lain dan ngobrol dengan mereka berbicara tentang apa saja, kalau di luar kantor tentu itu tidak mungkin dilakukan.

Agar hubungan dengan rekan dan tim kerja tetap harmonis, selalu jaga komunikasi dengan mereka. Misalnya membuat komunitas atau grup kerja di WA. Karena dengan berkomunikasi, hubungan kerja akan lebih baik.

Selalu laporkan hasil kerja Anda, biarkan mereka tahu apa saja yang sudah dilakukan dalam pekerjaan. Termasuk menginformasikan ketika Anda tidak bekerja. Jenis interaksi ini, meski dilakukan secara virtual, bisa menciptakan budaya saling menghargai antar rekan kerja.

3 dari 3 halaman

Kelola Energi dengan Baik

4. Kelola energi dengan baik

Meskipun bekerja jarak jauh dan tidak bertemu dengan orang kantor, Anda juga perlu mengelola energi dengan baik. Jangan sampai energi habis seharian dengan terus berada di depan komputer.

Buatlah waktu yang efektif mengerjakan semua pekerjaan yang ada dan usahakan tetap sehat. Kebanyakan orang jika sudah asik dengan pekerjaan lupa memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Sesekali perlu beristirahat dari depan komputer seperti menjadwalkan untuk berolahraga ringan, jalan kaki 15 menit setiap pagi dan sore. Ini setidaknya bisa membuat pikiran lebih segar. Dengan beristirahat sejenak dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke dalam otak, sehingga energi Anda juga lebih meningkat.

Atau bisa juga melakukan meditasi ringan seperti yoga dalam ruangan, hal ini secara drastis akan menumbuhkan rasa kesejahteraan dan meningkatkan kesehatan mental.

5. Menyukai pekerjaan

Setelah melakukan hal-hal di atas, yang terpenting dengan semuanya adalah Anda harus bangga dan suka dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini. Karena pikiran ini akan membuat Anda mengerjakan segalanya dengan baik.

Jika berhasil membuat suatu prestasi kerja, pikirkan juga untuk membuat perayaan kecil bersama tim kerja Anda, hal ini akan menciptakan perasaan puas dalam diri dan secara tidak langsung akan mendorong keinginan untuk terus membuat kemajuan saat bekerja.

Selain itu orang yang melihat juga akan mengakui kinerja dan produktivitas yang sudah Anda lakukan.

Bekerja jarak jauh bisa menakutkan, bisa juga dapat menjadi berkat. Namun ketika Anda bisa mengelola diri sendiri dengan baik dan tetap mempertahankan hubungan kerja yang harmonis dengan rekan kerja, maka ini akan baik juga untuk kemajuan dan perkembangan karier Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini