Sukses

Ingin Anggaran Bulan Madu Terjangkau? Simak Tipsnya

Bulan madu ala backpacker juga memberikan beberapa kelebihan antara lain pengeluaran jauh lebih hemat.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pasangan baru, tentunya bulan madu yang romantis dan menyenangkan menjadi sesuatu yang diimpikan.

Ada berbagai pilihan cara dan tujuan bulan madu, salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah bulan madu ala backpacker.

Mungkin hal ini terdengar asing bagi sebagian orang, namun jangan salah, bulan madu ala backpacker memiliki sensasi dan keunikan tersendiri.

Bulan madu ala backpacker juga memberikan beberapa kelebihan tersendiri. Yang utama tentu dari sisi pengeluaran yang jauh lebih hemat dan ramah kantong.

Mengingat sebagai pengantin baru tentu memiliki banyak pengeluaran, maka penghematan dalam bulan madu ini cukup berguna dan penghematannya dapat dialihkan untuk berbagai keperluan rumah tangga lain.

Lalu bagaimana agar bulan madu ala backpacker dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan? Simak dulu tips berikut ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (27/10/2016):

1. Diskusikan dengan pasangan

Yang pertama adalah diskusikan dengan pasangan mengenai cara bulan madu seperti ini karena bulan madu ala backpacker membutuhkan lebih banyak persiapan untuk mengatur sendiri jalur perjalanan, alat transportasi, hingga anggaran dan konsumsi selama perjalanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Referensi

2. Cari referensi sebanyak mungkin

Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai tempat yang Anda tuju. Informasi ini meliputi cuaca, mode transportasi, hingga jam operasional tempat wisata yang akan dikunjungi.

Jangan merasa puas dengan informasi dari satu sumber, bandingkanlah beberapa sumber agar mendapatkan gambaran yang tepat.

Apabila Anda memiliki kenalan yang pernah mengunjungi tempat tersebut, diskusikan juga agar mengetahui pengalamannya ketika berkunjung. Hal ini sangat berguna untuk dapat mengatur perjalanan secara efisien.

Informasi yang lengkap juga membantu ketika Anda hanya memiliki waktu yang terbatas sementara tempat yang ingin dikunjungi sangat banyak. Utamakan tempat yang paling menarik bagi Anda dan pasangan.

3. Mengatur anggaran perjalanan

Setelah mendapat informasi yang cukup, Anda perlu mengelola dan melakukan anggaran untuk perjalanan. Sebaiknya atur agar Anda memiliki dana cadangan, artinya jangan membuat anggaran terlalu ketat.

Karena dalam perjalanan mungkin timbul biaya tambahan yang tidak terduga, atau Anda mungkin salah memperhitungkan biaya sehingga harus mengeluarkan dana tambahan.

3 dari 3 halaman

Pelajari Norma dan Kebudayaan Masyarakat

4. Siapkan dana dan mata uang untuk perjalanan luar negeri

Persiapkan dana bulan madu sejak jauh hari agar setelah menikah Anda tidak dipusingkan untuk mencari dana bulan madu.

Apabila Anda dan pasangan berencana keluar negeri, pastikan untuk menyiapkan mata uang Negara tujuan tersebut dan perhatikan fluktuasi mata uang agar dapat membeli pada nilai tukar yang lebih baik.

5. Bawalah barang seefisien mungkin

Bulan madu ala backpacker berarti memberikan lebih banyak unsure petualangan. Oleh karena itu sebisanya bawalah sedikit mungkin bawaan (hanya satu ransel bila memungkinkan), agar perjalanan dapat lebih praktis dan efisien.

6. Pelajari norma dan kebudayaan setempat

Hal yang tidak boleh dilupakan saat perjalanan adalah menghormati kebudayaan dan norma setempat. Pelajari peraturan dan norma ketika mengunjungi tempat atau objek tertentu agar dapat menciptakan suasana harmonis dengan penduduk setempat.

Bulan madu ala backpacker juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Yang terpenting adalah pasangan dapat kompak dan melakukan persiapan hingga perjalanan dengan gembira dan berkesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini