Sukses

Tips Saat Ingin Mulai Berbisnis

Sangat menyenangkan apabila bisa membesarkan usaha milik sendiri. Ingin tahu bagaimana cara memulai usaha baru?

Liputan6.com, Jakarta - Mempunyai usaha merupakan keinginan banyak orang. Sangat menyenangkan apabila bisa membesarkan usaha milik sendiri.

Lalu bagaimana cara memulai usaha baru dari nol? Sebenarnya cara untuk memulai usaha sangatlah mudah. Yang dibutuhkan hanya dengan mempunyai impian.

Karena dengan impian kita dapat menciptakan ide usaha yang luar biasa, hingga akhirnya ide usaha tersebut direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.

Dari laman home.bt.com, pemenang the Apprentice 2012 Ricky Martin membagi tips tentang bagaimana mulai mengatur bisnis.

Di sini, Ricky menawarkan tips tentang bagaimana Anda dapat mengatur bisnis hingga sukses saat ingin memulai usaha:

1. Kalahkan rasa takut

Banyak orang kadang ketakutan saat ingin mulai berbisnis, hal pertama yag harus dilakukan kalahkan semua rasa takut dan pikiran-pikiran yang mengganggu benak Anda.

Sama seperti ketika Anda punya perasaan takut untuk menikah, dan punya anak. Jika tidak  bisa menyingkirkan perasaan itu, maka Anda tidak akan pernah bisa mulai berbisnis.

2. Percaya diri

Kuncinya adalah percaya pada diri sendiri dan cintailah dengan sungguh-sungguh apa yang Anda lakukan.

3. Punya visi jelas

Pada saat yang sama, Anda juga harus punya visi jelas untuk bisnis yang akan dimulai. Anda harus yakin saat menjalankannya, jangan sampai hanya karena tren lalu ikut-ikutan berbisnis, sebaiknya persiapkan dan pahami dengan matang tentang bisnis yang akan dijalankan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berpikir Realistis

4. Berpikir realistis

Berpikir realistis saat menyusun rencana bisnis Anda. Misalnya lokasi bisnis, bagaimana sistem keuangan yang dijalankan, dan semua hal-hal yang perlu dilakukan sebelum Anda mulai memikirkan keuntungan dari bisnis yang akan dijalankan.

Anda juga harus siap dengan kemungkinan mengeluarkan banyak uang saat mulai berbisnis. Waktu adalah tantangan terbesar ketika Anda memulai sebuah bisnis baru. Anda akan selalu ingin lebih banyak waktu, dan lebih banyak uang!

5. Belajar dari pengalaman orang lain

Bangunlah jaringan dengan para pebisnis lainnya. Anda dapat belajar cara berbisnis dengan mereka. Bertukar pengalaman dan berbagi cerita seputar bisnis.

Beberapa orang bahkan sampai menyewa para ahli dan profesional untuk belajar bisnis. Karena para ahli lebih tahu apa yang sebaiknya Anda lakukan dan apa yang perlu diwaspadai untuk mulai berbisnis.

6. Tulis rencana bisnis

Sebuah rencana bisnis adalah kunci untuk mendirikan sebuah perusahaan. Ricky menanyakan kepada setiap orang yang ingin berbisnis apakah mereka punya satu rencana bisnis? Sembilan dari 10 orang mengatakan tidak.

Karena itu perlu untuk menulisnya. Bila perlu mintalah ide dari seorang pebisnis yang sudah sukses, bagaimana rencana mereka ketika akan mulai berbisnis. Anda perlu tahu langkah apa yang akan Anda lakukan, serta siapa pasar dan pesaing bisnis Anda.

3 dari 3 halaman

Tinjau Rencana Bisnis Teratur

7. Jika punya dana, pekerjakan karyawan

Hal ini tergantung pada berapa banyak uang yang dimiliki untuk berinvestasi, Anda bisa mempekerjakan karyawan.

Akan tetapi, jika Anda mulai bisnis hanya sendiri, Anda harus siap untuk menjadi semua bagian dalam pekerjaan, mulai dari bagian bersih-bersih hingga manajer keuangan bagi diri sendiri.

8. Tinjau rencana bisnis secara teratur

Tuliskan rencana bisnis selama lima tahun ke depan dan tetapkan target tahunan yang realistis, kemudian tinjau perkembangannya setiap bulan.

9. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini media sosial merupakan alat berjualan yang paling efektif. Anda bisa menggunakannya untuk promosi bisnis yang dijalankan. Manfaatkan sebaik-baiknya, Anda bisa memilih beriklan secara gratis atau berbayar.

Ini tentang membangun merek, jadi lewat media ini Anda tidak hanya menjual, tapi bisa juga meminta ide dan saran dari orang lain tentang produk yang Anda tawarkan.

10. Jaga diri dan terus belajar

Menjaga diri dan selalu berpikir positif terhadap pencapaian yang sudah diraih, pastikan untuk selalu berolahraga dan membiasakan hidup sehat agar Anda bisa terus fokus pada pekerjaan dan melakukan bisnis yang positif juga.

Selain itu, terus belajar  untuk tahu lebih banyak demi perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda. Jangan pernah mengklaim diri sudah berhasil. Belajarlah dari banyak orang dan peristiwa, sehingga Anda akan selalu semangat dan berusaha melakukan yang terbaik untuk kemajuan bisnis Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini