Sukses

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Membeli Rumah

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri. Banyak hal dilakukan dan dipertimbangkan termasuk menabung dan segala macam yang dibutuhkan untuk membeli rumah, tapi entah kenapa belum ada yang pas di hati. Baik dari segi harga, lokasi, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman realestate.com,  Pakar properti Andrew Winter memberi tips yang perlu diperhatikan untuk membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari.

1. Kondisi sekitar rumah

Perhatikan kondisi sekitar rumah yang akan dibeli. Lingkungan sekitar Anda tinggal biasanya bisa memberi pengaruh dampak positif atau negatif, karenanya hal ini perlu menjadi perhatian, melakukan beberapa kali peninjauan sebelum membeli merupakan cara agar Anda lebih paham kondisi rumah yang akan ditempati nanti.

Selain itu akses sekitar rumah juga perlu menjadi perhatian seperti jalan tol, rumah sakit, sekolah dan sebagainya.

2. Mengenal dan memahami tetangga

Memahami dan mempelajari kebiasaan warga di sekitar rumah juga menjadi penting, karena Anda akan nantinya akan tinggal bersama di lingkungan yang sama. Ungkapan tetangga adalah saudara terdekat memang benar adanya. Jika Anda sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tetangga, maka ini akan lebih menyenangkan.

3. Menyesuaikan Anggaran

Jika sudah tahu anggaran rumah dan siap untuk membeli, maka cari rumah yang memang sesuai dengan uang yang Anda anggarkan. Misal sampai melebihi batas anggaran, ke depan dampaknya akan merugikan seperti terlilit hutang karena tak sanggup bayar dan lainnya.

Zaman sekarang penjualan dan pembelian rumah secara online meningkat, meski berniat membeli rumah secara online, Anda juga harus memperhatikan hal-hal di atas, agar tidak menyesal di kemudian hari saat menempati rumah yang sudah dibeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini