Sukses

5 Cara Hemat Pengeluaran Saat Weekend

Bisa jadi uang anda terkuras saat weekend karena habis untuk beli ini, beli itu dan hal lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Weekend adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang-orang. Baik itu anak sekolahan atau pun orang yang sudah bekerja. Mereka semua sangat menunggu yang namanya weekend.

Kenapa begitu? Karena weekend adalah tempat mereka bisa bersantai setelah melakukan aktivitas rutin hampir selama seminggu lamanya.

Weekend biasanya di habiskan dengan bersantai atau pun beristirahat di rumah. Bahkan ada juga yang memanfaatkan weekend untuk sekedar berolahraga mencari keringat untuk kebugaran badan agar badan tetap sehat dan pikiran tetap fresh dan terkontrol. Kegiatan weekend tergantung dari orangnya masing-masing yang melaksanakannya.

Namun hati-hati dengan yang namanya weekend. Bisa jadi uang Anda terkuras saat weekend karena habis untuk beli ini, beli itu dan hal lainnya. Bayangkan saja jika di hari biasa Anda sudah mengeluarkan uang untuk keperluan sehari-hari.

Khususnya Anda yang sudah bekerja pasti ketika di kantor mengeluarkan uang untuk makan siang dan untuk pergi ke kantor pun pasti membutuhkan yang namanya ongkos. Ini adalah hal lumrah yang Anda keluarkan sehari-hari.

Namanya juga kita kerja pasti ada yang namanya pengeluaran kan? Nah jangan biarkan pengeluaran kita ini semakin membengkak dan akhirnya malah membuat ATM kita ludes isinya.
Apalagi kalau sudah weekend kadang diri kita suka lupa diri dan banyak yang menghabiskan uang untuk ke mal.

Pada saat ke mal ini banyak sekali godaannya ya, entah ingin belanja baju baru atau pun ingin makan ke restoran. Hal ini yang menjadi momok menakutkan, pengeluaran di saat weekend lebih besar ketika pengeluaran di hari biasa.

Untuk mencegahnya maka berikut tips bagaimana caranya untuk mengontrol keuangan di kala weekend di mal seperti dikutip dari cermati.com:

1.Makanan

Sudah pasti jika kita weekend jalan ke mal adalah makan. Tidak mungkin kita tidak makan saat kita berjalan ke mal. Nah kadang kita suka menuruti nafsu dan akhirnya memasuki restoran yang harganya cukup mahal.

Bayangkan jika setiap weekend Anda makan di restoran yang harganya selangit. Bisa-bisa gaji Anda habis hanya untuk weekend saja. Maka dari itu sebaiknya makan dahulu di rumah jika ingin pergi ke mal.

Dengan hal ini maka Anda akan mengurungkan niat untuk makan di mal. Jika memang tidak bisa maka saya sarankan Anda makan di restoran yang murah yang banyak paketnya. Itu berguna untuk mengurangi pengeluaran Anda di saat Anda weekend di mal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nonton di Bioskop

2. Nonton di Bioskop

Sudah pasti tujuan Anda ketika weekend di mal adalah untuk mengunjungi bioskop untuk melihat film terbaru. Ini sah-sah saja untuk Anda yang ingin nonton di bioskop tapi perhatikan juga pengeluaran Anda.

Pilihlah mal yang tempat nontonnya murah. Idealnya harga tiket bioskop Senin-Kamis itu Rp 25 ribu dan Jumat, Sabtu, Minggu Rp 35 ribu. Jika di mal elite harga tiket weekend bisa mencapai Rp 100 ribu. Jadi pilihlah tempat yang pas.

3. Jajan-Jajan Kecil

Ketika pergi ke bioskop pasti Anda akan jajan-jajan kecil dan membeli makanan seperti popcorn, hot dog, dan juga minuman soda. Sekedar info saja jika Anda membeli makanan di bioskop itu harganya mahal.

Bisa-bisa dua kali harga tiket nonton yang kita beli. Maka sebaiknya belilah makanan di luar dan jangan beli makanan di bioskop.

3 dari 3 halaman

Transportasi

4. Transportasi

Untuk anda yang tidak mau terkena biaya parkir yang sekarang sudah gila lebih baik memakai taksi saja. Sekarang banyak kok taksi online yang harganya lebih murah dari taksi konvensional. Jadi Anda bisa menghemat pengeluaran untuk urusan transportasi.

5. Belanja Baju

Ini dia yang selalu membuat uang kita ludes dalam sekejap. Jika anda ingin belanja maka carilah barang yang bagus tapi sedang ada diskon jadi anda tidak akan terlalu mengeluarkan budget yang banyak untuk itu.

Itulah tips-tips untuk menghemat pengeluaran di kala weekend di mal. Memang semua orang butuh hiburan ketika sedang weekend tapi alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan weekend sebijak mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.