Sukses

500 Sapi Asal NTT Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Sekitar 99 persen dari sapi tersebut memasok kebutuhan daging di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal ternak Tol Laut  Camara Nusantara 1 yang dioperasikan PT Pelni telah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Minggu  (30/10/2016) pukul 14.00 WIB. Kapal itu membawa 500 ekor sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pelayaran kali ini muatannya penuh dan seluruh muatan, semua sapi untuk mensuplai kebutuhan DKI Jakarta. Tidak ada yang dibongkar di Surabaya maupun  Cirebon," kata Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni, Akhnad Sujadi di Jakarta.

Kapal  ternak Tol Laut berjadwal tetap ini berangkat  dari NTT menempuh perjalanan selama 5 hari pelayaran langsung dari Kupang, Waingapu ke Tanjung Priok ini setelah bongkar sapi, kapal akan singgah di Cirebon untuk mengisi BBM, air tawar dan pakan ternak sebelum kembali ke NTT.

Sejak dioperasikan Pelni KM. Camara Nusantara 1 sudah 20 kali berlayar dengan muatan 10 ribu ekor lebih sapi untuk DKI, Cirebon dan sebagian Surabaya. "Sekitar 99 persen untuk memasok kebutuhan daging di DKI Jakarta. Sedikit yang untuk Surabaya dan Cirebon," terangnya.

Meskipun baru dioperasikan 1 kapal ternak,  dampak pengoperasian kalal Tl Laut angkutan ternak ini sudah terasa. Pasokan daging dalam negeri dari NTT ke Jakarta secara langsung dapat dipenuhi secara rutin setiap dua minggu rata-rata 500 ekor atau 1.000 setiap bulan.

Demikian juga para pedagang  dan peternak sapi di NTT sangat gembira dengan hadirnya kapal ternak ini. Mereka bisa menghemat ongkos kirim dan kondisi ternaknya tetap sehat dengan bobot tidak susut karena diangkut dengan kapal khusus untuk ternak.

Selain memberikan pasokan sapi secara terjadwal dan teratur kapal ternak ini dapat mendorong meningkatnya konsumsi daging dalam negeri yang akan berdampak kepada peningkatkan kesejahteraan peternak sapi di NTT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini