Sukses

Cetak Rekor, Tempat Parkir Ini Dijual Rp 8,03 Miliar

Angka tersebut berhasil mencetak rekor sebagai tempat parkir termahal di dunia.

Liputan6.com, Hong kong - Sebuah tempat parkir yang terletak di apartemen mewah di Hong Kong dijual dengan harga fantastis. Tempat parkir tersebut terjual dengan harga 4,8 juta dolar Hong Kong atau setara dengan Rp 8,03 miliar. Angka tersebut berhasil mencetak rekor sebagai tempat parkir termahal di dunia.

Tempat parkir yang berukuran 12,5 meter persegi tersebut terletak di 55 Conduit Road Mid-Level Hong Kong. Melansir laman straitstimes.com, Rabu (2/11/2016), properti tersebut memang terletak di kawasan pegunungan, salah satu kawasan hunian yang paling megah di Hong Kong.

Pemilik asli properti ini merupakan orang China. Ia membeli sebuah unit apartemen beserta tempat parkir tersebut di bulan September lalu. Kemudian menjual unit apartemennya pada orang lain, namun ternyata orang tersebut sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Alhasil ia hanya harus menjual tempat parkir yang tersisa dari properti miliknya.

Hasil gambar untuk 55 Conduit Road parking spot

Selain sebagai kawasan hunian mewah di Hong Kong, Conduit Road juga merupakan tempat paling bergengsi untuk menyimpan kendaraan. Agen properti Hongkong Centaline Property mengatakan, investasi properti di daerah ini terus meningkat seiring perkembangan waktu.

"Minat investasi di daerah ini terus meningkat. Apalagi setelah jumlah tempat parkir di daerah Conduit Road semakin berkurang," ungkap Louis Chan, Managing Director Centaline Property.

Ia menjelaskan, uang yang diperlukan untuk memarkir kendaraan di daerah Mid Level Hongkong akan sama dengan membeli rumah di daerah lain. Biaya untuk memarkir kendaraan semaking meningkat di Hong Kong karena negara tersebut tidak memiliki lahan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan orang-orang kaya.

Rata-rata orang kaya di Hong Kong pun memiliki mobil lebih dari dua. Hal ini membbuat mereka harus membeli lahan parkir tambahan.

"Pemilik apartemen mewah di Hong Kong rata-rata memiliki mobil lebih dari dua. Mereka akhirnya harus membeli lahan parkir tambahan dengan harga yang lebih mahal," jelas Chan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini