Sukses

4 Tips Sukses Jalankan Bisnis Lewat Blog

Liputan6.com, New York - Di era digital dan internet, para netizen tahu ada banyak jenis blog saat ini. beberapa blogger biasanya menulis di blog mereka untuk mendapatkan kepuasan tersendiri seperti menuangkan ide dan pikiran melalui tulisan atau sekedar menyalurkan hobi agar tulisannya dibaca oleh keluarga atau teman. Namun eranya kini berubah, blog juga bisa memberikan penghasilan tambahan.

Bukan hanya bertujuan untuk pribadi atau monetisasi saja, kini blog bisa menjadi media berbisnis dengan banyak orang untuk memasarkan suatu produk.

Dilansir dari laman business2community.com, Selasa (1/11/2016), berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan melalui bisnis blog:

Strategi

Ketika Anda membuat blog dengan tujuan berbisnis, saatnya untuk melakukan rencana bisnis dan mengembangkan strategi. Mulailah dengan membuat kalender pada blog. Coba masukkan berbagai konten. Daripada hanya membuat unggahan setiap hari, lebih baik masukkan konten seperti infografis, daftar dan tamu, bahkan video.

Catat siapa saja pengunjung blog Anda, kemudian bagikan jumlah blog viewer, cobalah untuk meningkatkan pengunjung setiap saat. Memang butuh waktu untuk melihat hasilnya, tetapi hal terpenting adalah konsistensi dalam berstrategi. Usahakan terus meningkatkan jumlah pengunjung blog seperti dengan membuat konten yang bagus dan selalu baru.

Isi

Ini pertanyaan lama dalam bidang pemasaran dan komunikasi, yakni bagaimana cara mendapatkan perhatian pembaca? Ketika sudah dapat, bagaimana mempertahankan? Apakah saat menulis unggahan, siaran pers atau mengulas perihal kampanye politik, buatlah isinya semenarik mungkin, usahakan subjek dan kata kuncinya saat dicari mudah sehingga membuat orang ingin mengklik dan membaca postingan di blog.

Ya, ini tugas Anda untuk membuatnya menarik dan mendorong orang untuk membaca. Bahkan ini lebih mudah diucapkan daripada melakukannya.

Salah satu caranya teliti siapa pengunjung Anda, kemudian lihat unggahan tentang apa yang banyak dibaca orang. Analisis sendiri untuk melihat pos yang paling menarik dibaca dan yang jarang dibaca. Jika sudah, unggahlah tema sejenis untuk menarik minat pengunjung lebih banyak lagi.

1 dari 2 halaman

blogger lain

Aktif dengan blogger lain

Tanggung jawab Anda untuk selalu terlibat dalam setiap tulisan yang diunggah. Balaslah setiap komentar yang masuk di dalam unggahan. Kalau bisa lanjut untuk terus berbalas komentar atau ciptakan komunitas nyata di blog Anda. Teruskan kegiatan ini dengan melanjutkkan di media sosial yang Anda punya agar pengikut Anda juga tahu, seperti twitter, facebook, dan lainnya.

Usahakan untuk terlibat dengan sesama blogger. Buat blog Anda lebih hidup dan tidak sunyi, ini merupakan bagian dari perkembangan digital. Manfaatkan untuk selalu berdiskusi dengan blogger lain. Kemudian cek apakah mereka bersedia berkolaborasi dengan Anda di sebuah artikel. Jika satu saja postingan Anda viral, maka jelas ini akan menguntungkan.

Pemasaran

Saat memasarkan blog Anda sepertinya sulit dilakukan, cari waktu sehari untuk memasarkan konten yang Anda tulis di blog. Misalnya membuat akun media sosial untuk promosi unggahan di blog. Jika unggahan Anda panjang namun isinya informatif dan bermanfaat, ubahlah postingannya lebih singkat atau enak dilihat, misalnya dengan membuat infografis untuk dibagi ke twitter atau instagram.

Bekerjasama dengan satu produk untuk promosi iklan di blog, juga bisa mempengaruhi jumlah pengunjung.

Akhirnya, tetaplah bersikap sederhana dan jangan lupa untuk selalu menyambung artikel lain di blog untuk semua unggahan Anda. Bisnis blog utamanya difokuskan untuk menghubungkan semua artikel dalam satu postingan, terutama jika temanya berkaitan. Konsistenlah untuk berada di satu bidang dan selalu lakukan interaksi dengan para pengunjung blog. (Dhita/Gdn)