Sukses

6 Kota Favorit Orang Indonesia buat Cari Kerja

Banyak alasan mengapa enam kota besar ini bisa menjadi tujuanmu mencari pengalaman, gaji dan jenjang karir yang menjanjikan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian dari kamu yang baru saja lulus, tentu punya cita-cita ingin berkarier di kota-kota besar di Indonesia. Banyak alasan mengapa enam kota besar ini bisa menjadi tujuanmu mencari pengalaman, gaji dan jenjang karir yang menjanjikan.

Simak ulasannya seperti dikutip dari Karir,com:

1. Jakarta

Dengan berbagai macam tantangan yang harus dihadapi, mulai dari kemacetan, banjir, polusi udara, kepadatan penduduk, dan lain-lain, Jakarta tetap menjadi magnet bagi sebagian besar pencari karir, baik yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya maupun kota-kota lainnya.



Jika Anda salah satunya, tentu tawaran ragam dan jenjang karier yang jauh lebih luas dibanding di kota-kota lainnya, terutama di perusahaan-perusahaan multinasional atau organisasi internasional, memang menggiurkan dan membuat kita berani menghadapi tantangan-tantangan sosial maupun budaya.

Tidak seperti Amerika atau Australia, pusat pemerintahan dan bisnis di Indonesia berada di kota yang sama. Oleh sebab itu, Jakarta pun menjadi semakin kaya, terlebih lagi didukung dengan segala aktivitas politik, budaya, hingga hiburan.

Dengan populasi lebih dari 10 juta jiwa (2011), Jakarta menyediakan peluang yang luas di berbagai industri, posisi dan level pekerjaan, mulai dari ritel, properti, farmasi, manufaktur, perbankan, hingga digital, e-commerce, media dan kreatif. Siap datang ke Jakarta? Berarti Anda siap bersaing!

2. Bandung



Dengan suasana kota yang menenangkan, sejuk dan kreatif, Bandung tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar dari Anda.

Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan di Indonesia. Pada awalnya kota Bandung merupakan kawasan pertanian, namun seiring dengan laju urbanisasi dan pertumbuhan ekonomi, Bandung saat ini menjadi pusat industri dan bisnis terutama untuk industri teknologi, kreatif, pariwisata dan ritel.

Seiring berjalannya waktu, perekonomian di Bandung semakin membaik selama lima tahun terakhir dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) makin banyak dan produktif, sehingga pertumbuhan ekonomi di Bandung pun jauh meningkat. Pertumbuhan ekonomi nasional dan pendapatan per kapitanya pun meningkat tiap tahun.

Kota Bandung juga bisa dikatakan sebagai pusat aktivitas perekonomian di wilayah Jawa Barat. Kondisi ini mengakibatkan Bandung menjadi pusat bisnis kota-kota disekitarnya. Selain itu, diresmikannya akses jalan tol Jakarta-Bandung memiliki dampak positif, salah satunya meningkatnya ketertarikan, baik wisatawan maupun pencari karir terhadap kota Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makassar


3. Makassar

Siapapun yang pernah merasakan tinggal di Makassar setuju bahwa kota ini menawarkan ragam pilihan aktivitas selepas kerja yang “menyejukkan” dan eksotis berkat keindahan alam dan peninggalan sejarahnya. Wisata belanja dan kuliner pun tak pernah ada habisnya jika dituruti.

Kesempatan Anda berkarir di kota ini pun masih sangat luas. Melayani populasi sekitar 1,8 juta jiwa dan dengan pembangunan infrastruktur yang pesat, Makassar telah menjadi penghubung dan pusat perdagangan dan manufaktur.

Makassar merupakan kota internasional terbesar di kawasan Indonesia Timur yang telah tumbuh menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia. Selain itu, Makassar memiliki potensi bisnis paling besar, terutama di sektor properti, perdagangan dan pariwisata.

Diperkuat oleh pemerintah pusat, kota ini berkembang menjadi sentral distribusi barang dan jasa, logistik, serta perbankan, dan akan terus melaju dengan pesat sektor ekonomi dan bisnisnya. Seiring dengan laju pertumbuhan penduduknya, pertumbuhan ekonomi Makassar pun merupakan yang tertinggi di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Medan



4. Medan

Akhir-akhir ini Medan memperlihatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang pesat, dan bahkan diidentifikasi sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

Peluang karier di kota ini sangat besar terutama bagi profesi-profesi yang memerlukan keahlian dan pendidikan tinggi seperti pengacara, dokter, notaris dan wartawan. Selain itu, Medan memiliki bidang usaha yang sangat berpotensi di bidang ekonomi seperti kegiatan perdagangan, perhotelan dan restoran, dan akan disusul oleh sektor industri pengolahan.

Medan merupakan pintu gerbang bagi wilayah Indonesia barat dan telah tumbuh menjadi kota metropolitan yang besar di Pulau Sumatera. Dengan populasi penduduk mencapai 3,4 juta penduduk, Medan menjadi pusat perdagangan, perkebunan dan manufaktur di wilayah barat Indonesia.

Karena letaknya yang strategis, yakni dekat dengan Pelabuhan Belawan di jalur Selat Malaka yang merupakan pintu gerbang masuknya wisatawan dan perdagangan, baik domestik maupun manca negara, pemerintah pun menyediakan fasilitas penunjang untuk semakin memajukan perekonomian daerah dengan memperbaiki sarana dan prasarana perhubungan.

4 dari 5 halaman

Surabaya



5. Surabaya

Bisa dibilang, Surabaya adalah replika Jakarta, terutama dalam hal bisnis dan ekonomi. Sejak diresmikannya Jembatan Suramadu, fasilitas ini sangat mendukung program pembangunan daerah dan mempermudah masyarakat dalam percepatan pertumbuhan ekonomi dan bisnis Surabaya-Madura.

Surabaya selama ini menjadi salah satu pintu gerbang perekonomian dan pariwisata wilayah Indonesia Timur berkat potensi dan fasilitas, juga keunggulan geografisnya. Sebagai kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta, kota ini merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri dan pendidikan Jawa Timur dan Indonesia Timur.

Dengan populasi sekitar 2,9 juta jiwa (2015), Surabaya menyediakan lapangan kerja yang luas, terutama di industri manufaktur, perdagangan, perbankan dan keuangan, asuransi dan ekspor-impor. Industri ritel dan pariwisata juga sedang berkembang dan memberikan banyak peluang baru.

Karena alasan inilah, terhitung Desember 2015, Karir.com membuka kantor cabang di Surabaya. Karir.com ingin lebih memperhatikan Anda yang berdomisili atau ingin membangun karir di Surabaya dengan pilihan-pilihan peluang yang sesuai dengan minat dan potensi Anda.

5 dari 5 halaman

Yogyakarta



6. Yogyakarta

Termasuk ke dalam salah satu kota istimewa di Indonesia, D.I Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, kota budaya, kota wisata, kota gudeg, dan berbagai julukan lain yang ditujukan untuk kota ini. Dengan keunikan-keunikan ini, kamu juga bisa menjadikan kota ini untuk memulai karir.

Ada banyak hal yang dapat kita gambarkan untuk menjelaskan D.I Yogyakarta, selain biaya hidup yang murah, banyaknya tempat wisata yang sudah mendunia, juga perkembangan ekonomi di kota ini tergolong cukup baik.

Sebagai kota pelajar, ada banyak penduduk yang bertransmigrasi ke kota ini untuk bersekolah yang kemudian dilanjutkan dengan berkarir juga di kota ini.

Sektor perekonomian yang banyak dijumpai di kota ini yaitu sektor Investasi; Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM; Pertanian; Kehutanan, dan Perkebunan; Perikanan, dan Kelautan; Energi, dan Sumber Daya Mineral; serta Pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.