Sukses

Masyarakat Padang Kini Dapat Nikmati KA Perintis Railbus

Masyarakat yang ingin gunakan layanan jasa angkutan KA Perintis Railbus Lubukalung-Kayutanam dapat beli tiket di stasiun seharga Rp 3.000.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI bersama Kementerian Perhubungan meluncurkan operasional KA Perintis Railbus dengan rute Lubukalung-Kayutanam. Dengan operasi KA Perintis Railbus ini dapat menjadi pilihan masyarakat Padang untuk sarana transportasi.

Peresmian operasional KA Perintis Railbus ini dihadiri oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Buditjahjono, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan perwakilan dari Muspida/Muspika setempat di Stasiun Padang.

"Pengoperasian KA Perintis Railbus ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bersama PT KAI kepada masyarakat," kata Edi Sukmoro, Selasa (1/11/2016).

Dalam sekali perjalanannya KA ini mampu mengangkut 160 penumpang (78 orang dengan tempat duduk dan 82 orang tanpa tempat duduk) dengan waktu tempuh 38 menit untuk jarak tempuh 20 km.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan jasa angkutan KA Perintis Railbus dapat membeli tiket di stasiun seharga Rp 3.000. Besaran tarif yang cukup murah ini diberikan untuk menarik minat masyarakat Padang dan sekitarnya agar memilih kereta api sebagai moda transportasinya.

"Kami berharap pengoperasian KA perintis ini dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat Padang dan sekitarnya akan moda transportasi massal yang nyaman, aman, dan bebas macet," tambah Edi.

Untuk mempersiapkan pengoperasian KA Perintis ini, PT KAI sudah melakukan uji operasional kelaikan jalan pada lintas Lubukalung-Kayutanam selama Juli-Agustus lalu.‎

KA Perintis Railbus bernama Lembah Anai ini akan beroperasi 4 (empat) kali sehari dengan berhenti di Stasiun Kayutanam, Stasiun Sicincin dan Stasiun Lubukalung. Adapun jadwal keberangkatan sebagai berikut:

KA 1 (Kayutanam-Lubukalung)

Berangkat dari St Kayutaman pukul 05.50 WIB, tiba di St Lubukalung pukul 06.28 WIB.

KA 2 (Lubukalung-Kayutanam)

Berangkat dari St Lubukalung pukul 07.05 WIB, tiba di St Kayutanam pukul 07.43 WIB.

KA 3 (‎Kayutanam-Lubukalung)
Berangkat dari St Kayutanam pukul 13.50 WIB, tiba di St Lubukalung pukul 14.28 WIB.

KA 4 (‎Lubukalung-Kayutanam)

Berangkat dari St Lubukalung pukul 15.15 WIB, tiba di St Kayutanam pukul 15.53 WIB.

(Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.