Sukses

5 Cara Mudah Terbebas dari Lilitan Utang

Kebutuhan kadang datang tak terduga dan melampaui penghasilan, sehingga Anda terpaksa berutang jika tak memiliki dana cadangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan kadang datang tak terduga dan melampaui penghasilan, sehingga Anda terpaksa berutang jika tak memiliki dana cadangan. Berutang memang kelihatan mudah dan menyenangkan, tapi ketika batas waktu untuk membayar cicilan atau melunasi utang datang, semuanya akan menyulitkan Anda.

Bahkan jika Anda tak mampu melunasinya, siap-siap saja aset yang jadi jaminan akan hilang. Memang bukan perkara gampang keluar dari jeratan utang. Anda harus memaksa diri untuk terbebas dari utang supaya hidup Anda membaik dan tidak semakin berantakan.

Berikut ini lima tips agar Anda bisa terbebas dari utang. Check this out!

1. Ubah kebiasaan memboroskan uang

Bagian tersulit dalam hidup adalah mengubah kebiasaan. Tanpa kemauan keras dan disiplin, maka Anda tidak akan mampu mengubah kebiasaan Anda dalam memboroskan uang. Karena itu, sebelum membeli sesuatu, ada baiknya pastikan dulu apakah barang yang Anda beli itu adalah barang yang dibutuhkan atau sekadar ingin karena suka atau mumpung diskon?

Kalau jawabannya adalah yang terakhir, maka mulailah untuk berhenti melakukannya jika Anda tak ingin lebih dalam masuk ke lubang yang sama.

2. Bayar tagihan tepat waktu

Jika Anda memiliki beberapa tagihan yang harus dibayar, segera lakukan sebelum batas waktu pembayaran lewat agar tagihan Anda tidak bertambah banyak. Prioritaskan membayar tagihan yang memiliki bunga lebih besar lebih dulu agar pinjaman berbunga besar bisa segera lunas dan membantu Anda meringankan beban dalam membayar utang.

Selain itu,  hentikan membayar utang dengan batas minimal karena hal itu akan membuat Anda membayar utang dalam jangka lebih panjang
Baca juga: 6 Hal Penting Dalam Mempersiapkan Pernikahan di Indonesia!

3. Pangkas anggaran bersenang-senang

Agar Anda tak makin terbebani dengan utang maka ada baiknya mengurangi anggaran untuk bersenang-senang, seperti mengurangi nongkrong di kafe, makan di restoran, nonton film di bioskop hingga jalan-jalan setiap pekan.

Sebaiknya sesuaikan gaya hidup dengan pendapatan Anda. Utang itu tercipta karena pengeluaran jauh lebih besar daripada pendapatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

daftar penghematan

4. Buat daftar penghematan

Buatlah daftar kebutuhan apa saja yang bisa Anda hemat, misalnya listrik, transportasi, makanan dan hiburan. Anda juga bisa membuat skala prioritas mengenai kebutuhan mana yang harus Anda utamakan terlebih dahulu.

Dengan membuat daftar penghematan bisa mengingatkan Anda mengerem membelanjakan uang agar tidak makin menambah utang.
Baca juga: 4 Bisnis Waralaba untuk Menambah Penghasilan Bulanan Anda!

5. Kendalikan penggunaan  kartu kredit

Kalau kebiasaan berutang Anda sulit sembuh maka mulailah untuk sementara tidak menggunakan kartu kredit. Anda  harus bisa melewatkan promo dan diskon yang sering ditawarkan oleh penyedia kartu kredit karena Anda dalam proses menyelesaikan utang kartu kredit sebelumnya yang masih belum terbayar.

Mulailah membayar barang atau jasa dan tagihan secara tunai. Jika Anda tidak memiliki uang tunai di dompet, maka sebaiknya tidak membeli barang tersebut Manfaatkan fasilitas perbadingan independen seputar KTA dan Kartu Kredit dari berbagai bank penyedia di situs Halomoney.co.id. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.