Sukses

Pemerintah Ubah Desain Subsidi 3 Komoditas di 2017

Sejumlah menteri terkait akan melakukan persiapan untuk mengubah sistem subsidi pada tiga sektor tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana mengubah sistem subsidi tiga komoditas pada 2017. Ketiga komoditas tersebut yakni listrik, elpiji dan pupuk.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sejumlah menteri terkait akan melakukan persiapan untuk mengubah sistem subsidi pada tiga sektor tersebut. Perubahan sistem subsidi ini dilakukan untuk menjaga alokasi subsidi tidak membengkak.

"Beberapa persiapan untuk 2017, perubahan desain subsidi baik itu untuk listrik, elpiji, pupuk. Para menteri terkait perlu untuk melakukan persiapan agar alokasi subsidi bisa tetap dijaga," ujar dia di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Selain itu, lanjut Sri Mulyani, pemerintah juga akan lebih fokus pada kelompok masyarakat penerima subsidi ini. Dengan demikian penyaluran produk yang mendapatkan subsidi semakin baik dan tepat sasaran.

"Penerima subsidi tetap kepada pihak apakah itu petani untuk subsidi pupuk dan benih. Untuk LPG bagi kelompok masyarakat miskin, dan listrik fokuskan ke kelompok masyarakat 450 VA dan 900 VA yang jumlahnya lebih dikurangi karena alokasinya subsidi dan khususnya untuk kelompok yang tidak mampu," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam/tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman.

    Pupuk

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

  • subsidi

  • Elpiji