Sukses

Kemenhub Lelang Dini Proyek 5 Bandara dan 8 Pelabuhan

Pembangunan ‎serta pengembangan bandara dan pelabuhan ini disambut antusias oleh BUMN terkait.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melelang proyek pembangunan infrastruktur transportasi pada 2017. Dengan lelang yang berlangsung lebih awal, diharapkan proses pembangunan atau pembenahan proyek tersebut bisa dimulai sejak awal tahun depan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, sejumlah lelang proyek prioritas akan berlangsung dalam waktu dekat. Proyek-proyek tersebut terkait dengan bandara, pelabuhan, dan jalur kereta api.

"Pertama kali kita akan lelangkan sebelum Januari itu. Prioritasnya sama, bandara, jalan kereta api, pelabuhan juga. Jadi memang pekerjaan yang sudah confirm akan kita lelangkan," ujar dia pada acara Forum BUMN di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Adapun proyek yang akan dibangun dan dikembangkan pada 2017 adalah 5 bandara dan 8 pelabuhan. Pembangunan ‎serta pengembangan bandara dan pelabuhan ini mendapatkan antusias dari badan usaha milik negara (BUMN) terkait.

"Lima bandara seperti Belitung, Tanjung Pandan, Samarinda, Tarakan, Palu. Desember ini bisa kerja sama dulu. Pelabuhan delapan dulu. (Pelindo dan Angkasa Pura tertarik?) mau banget. Saya enggak tahu persis (nilai lelang), kurang lebih Rp 40 triliun, tapi Rp 15 triliun bisa dilakukan lelang," kata dia.

Menurut Budi, dalam proses pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi ini pasti akan menemui kendala. Namun dem‎ikian, ia tetap yakin proyek-proyek tersebut bisa selesai sesuai target.

‎"Kendala mah ada-lah, skema bisnis kita selesaikan dulu, kesepakatan dulu," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.