Sukses

Kadin: Demo Boleh Asal Jangan Sampai Rusuh

Fundamental ekonomi nasional cukup kuat menghadapi gejolak yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengaku tak khawatir dengan rencana demo besar oleh sejumlah organisasi masyarakat (ormas) pada Kamis ini (‎4/11/2016). Pengusaha hanya berpesan agar demo tidak sampai bikin onar.

"Tidak khawatir, ini (demo) sudah biasa. ‎Tidak ada antisipasi, santai-santai saja," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani di Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Kadin Indonesia dan pemerintah bahkan optimistis dengan penyelenggaraan ASEAN G28 Infrastructure Investment Forum dan Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2016 berjalan dengan lancar tanpa pembatalan kunjungan dari calon investor dari puluhan negara di dunia.

"‎Tidak ada pembatalan dari 18 ribu calon investor yang sudah teregistrasi di acara tersebut. Saya sudah tanya, sampai detik ini tidak ada yang batal hadir," ucap Rosan.

Dirinya berharap aksi unjuk rasa di Jakarta tidak berbuntut pada kerusuhan atau anarkis. "Pesan saya cuma satu, jangan sampai ada kerusuhan. Demo mah wajar, hak siapa pun, tapi jangan ada anarkis," ujar Rosan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan pemerintah tidak menyiapkan langkah pengamanan khusus terhadap ekonomi nasional menjelang demo besar oleh sejumlah organisasi masyarakat (ormas).

"Aksi besok seperti apa tidak tahu, tapi tidak ada upaya khusus. Karena kita tidak melihat ini (demo) sesuatu (yang mengkhawatirkan) karena cuma satu-dua hari. Kecuali tidak bisa jalan lagi semuanya dalam waktu tiga bulan, itu baru jadi masalah," tegas Darmin di kantornya, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Dia menerangkan, potensi gangguan pasti ada terhadap distribusi barang. Namun hal tersebut, kata Darmin, jangan sampai membuat cemas bahwa ekonomi Indonesia akan mengalami kesulitan hanya karena aksi unjuk rasa. Pasalnya, fundamental ekonomi nasional cukup kuat menghadapi gejolak tersebut.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

Video Terkini