Sukses

Aksi Demo Ganggu Aktivitas Pengiriman Barang

Namun khusus untuk distribusi barang-barang kebutuhan pokok masyarakat diperkirakan tidak akan terganggu aksi demo pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Aksi demonstrasi besar-besaran yang akan berlangsung pada hari ini berpotensi mengganggu kegiatan ekonomi dan bisnis di DKI Jakarta. Salah satunya yaitu pada jasa pengiriman barang atau logistik di ibukota dari bisnis jual beli online (e-commerce).

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, berlangsungnya aksi demo pada hari ini akan mengganggu pengiriman‎ barang perusahaan jasa pengiriman atau kurir.

Namun khusus untuk distribusi barang-barang kebutuhan pokok masyarakat diperkirakan tidak akan terganggu.

"(Yang akan terganggu) kebanyakan barang dari perusahaan kurir‎. Dan kebanyakan untuk e-commerce," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Menurut Zaldy, adanya aksi demo ini akan mengganggu kegiatan jasa pengiriman terutama di daerah-daerah yang berdekatan dengan lokasi konsentrasi para pendemo. Hal ini karena adanya potensi kemacetan parah di daerah-daerah tersebut.

"Dampak demo ini ke pengiriman di dalam kota saja, terutama di daerah-daerah yang dilalui pendemo, dan juga kemacetan di jalurnya," kata dia.

Sebagai antisipasi, lanjut Zaldy, perusahaan jasa pengiriman‎ telah mengirim barang-barang tersebut pada Kamis kemarin atau ditunda sampai Sabtu esok. Hal ini dilakukan untuk memastikan barang yang dikirim tetap aman meski mengalami keterlambatan pengiriman.

"Pengiriman ke dalam kita diusahakan kemarin atau ditunda Sabtu, agar tidak terkena dampak demo," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.