Sukses

Daftar Terbaru Negara Paling Makmur di Dunia, Mana Saja?

Liputan6.com, New York - Lembaga riset asal Inggris The Legatum Institute kembali mengeluarkan hasil survei Global Prosperity Index. Laporan tahunan tersebut membahas tingkat kemakmuran sebuah negara.

Untuk mengukur tingkat kemakmuran sebuah negara, lembaga tersebut membandingan 104 faktor penilaian. Faktor-faktor yang masuk sebagai penilaian antara lain jumlah kekayaan yang dimiliki oleh negara tersebut, tingkat pendidikan, hingga lingkungan sosial yang ada.

Total, ada 149 negara yang masuk dalam survei tersebut. Berikut enam negara dengan tingkat kemakmuran paling tinggi di dunia dilansir dari Business Insider, Jumat (4/11/2016):

6. Australia

Negara ini mampu mencetak skor tertinggi kedua dalam faktor modal sosial. Hal ini membuat Australian naik satu peringkat ke ranking enam.

5. Kanada

Negara tetangga dari Amerika Serikat ini bisa mendapat skor yang baik dalam faktor modal sosial dan lingkungan bisnis. Sementara untuk kebebasan masyarakatnya, Kanada berada di urutan kedua dari 149 negara.

4. Swiss

Swiss memang sering menduduki peringkat sebagai negara dengan kemakmuran yang tinggi. Hal ini disebabkan dengan kondisi pendidikan yang sangat baik.

1 dari 2 halaman

Finlandia

3. Finlandia

Walau bukan termasuk sebagai negara Skandinavia, Finlandia masuk sebagai salah satu negara paling makmur di dunia. Negara di benua Eropa ini memiliki sistem pemerintahan paling baik di dunia.

2. Norwegia

Selama tujuh tahun berturut-turut, Norwegia terus menempati peringkat pertama dengan tingkat kemakmuran paling baik di dunia. Namun tahun ini, Norwegia harus rela turun peringkat ke posisi dua.

1. Selandia Baru

Negara paling makmur di dunia ditempati oleh Selandia Baru. Negara ini mampu mencetak nilai tertinggi di faktor modal sosial dan kualitas perekonomian. Kondisi bisnis di negara ini juga masuk dalam peringkat dua terbaik di seluruh dunia. (Vna/Ndw)

Artikel Selanjutnya
5 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Artikel Selanjutnya
Ini 20 Negara Terindah di Dunia, Indonesia Jadi Salah Satunya