Sukses

Ini Alasan Wanita Bisa Lebih Kaya dari Pria Saat Pensiun

Beberapa faktor berikut membuat wanita bisa pensiun lebih kaya dari pria saat pensiun. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Pensiun sering menjadi kekhawatiran tersendiri. Karena pada saat itu kita tidak lagi bekerja dan hanya mengandalkan uang simpanan. Apalagi jika sewaktu muda punya kebiasaan boros.

Selama ini wanita lekat dengan anggapan suka berbelanja. Namun bukan berarti tidak ada wanita yang pandai mengatur uang dan paham finansial.

Justru Beberapa faktor berikut membuat wanita bisa pensiun lebih kaya dari pria saat pensiun. Apa saja faktor tersebut, seperti mengutip CekAja.com:

1. Lebih banyak wanita mengenyam pendidikan tinggi

Berdasarkan studi The Washington Post, wanita lebih banyak lulus dari perguruan tinggi daripada pria. Baik itu untuk meraih gelar sarjana, master, atau doktor, wanita mengalahkan pria untuk semua kategori.

Karena wanita lebih banyak mengenyam pendidikan tinggi, mereka memasuki dunia kerja dalam keadaan lebih siap. Karenanya, peluang untuk mendapatkan gaji tinggi pun lebih besar. (Baca juga: Punya Gaji Tinggi Tapi Gak Bahagia? 4 Hal Inilah yang Jadi Penyebabnya)

2. Wanita hidup dan bekerja lebih lama

Wanita lebih panjang umur dari pria karena usia harapan hidup wanita lebih tinggi. Berdasarkan survei Social Security Administration Amerika, wanita yang saat ini berusia 65 tahun bisa hidup sampai usia 86,6 tahun. Sedangkan pria sampai usia 84,3 tahun.

Itu hanya angka rata-rata. Karena satu dari empat wanita berusia 65 tahun bisa hidup melewati angka 90 tahun. Dan satu dari 10 mampu hidup melewati usia 95 tahun.

Di Indonesia sendiri, data BPS pada 2014 menyebutkan bahwa umur harapan hidup masyarakat Indonesia rata-rata akan mencapai 72 tahun. Padahal, pada 2004, umur harapan hidup hanya pada kisaran 66,2 tahun.

Karena hidup lebih lama, wanita bisa produktif lebih lama. Karena bekerja lebih lama dan penghasilan makin meningkat, hal ini membuka kesempatan untuk lebih banyak menabung dan berinvestasi sehingga pensiun makin kaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Wanita menabung lebih banyak dari pria

3. Wanita menabung lebih banyak dari pria

Berdasarkan studi dari Vanguard, perusahaan investasi di Amerika, pekerja wanita menabung lebih baik daripada pria. Studi yang sama juga menyebutkan bahwa wanita mengelola tabungan pensiun lebih baik.

Hal ini juga didukung oleh studi Nextavenue yang menyebutkan bahwa persentase tabungan wanita per bulannya, 6-12 persen lebih tinggi daripada tabungan pria.

Meski demikian hal ini kembali pada individu masing-masing. Mereka yang pandai menabung biasanya punya kedisiplinan. (Baca juga: Siapkan Dana Pendidikan Anak Lewat Investasi, Ini Langkahnya!)

4. Wanita lebih berhati-hati dalam berinvestasi

Selain menabung lebih baik, lebih berpendidikan, dan hidup lebih lama, wanita lebih bijak dalam berinvestasi. Dibandingkan pria, mereka cenderung menghindari risiko. Hal ini membuat wanita belajar diversifikasi aset dan memilih investasi yang lebih aman namun lebih menguntungkan.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini