Sukses

Kenali 4 Tanda Gaji Anda Sudah Tak Cukup buat Hidup

Masih belum yakin kalau gaji Anda sebenarnya kurang? Cek empat tanda ini untuk memastikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Melihat ke atas, bukan melihat ke bawah. Istilah ini mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur sekecil apapun rezeki yang didapatkan. Tapi bukan berarti Anda jadi pasrah dan tidak berusaha lebih baik, padahal gaji Anda sebenarnya sangat pas-pasan dan bahkan kurang.

Karena salah satu usaha adalah mengajukan kenaikan gaji, tentu dengan catatan kalau Anda memang berprestasi. Masih belum yakin kalau gaji Anda sebenarnya kurang? Cek empat tanda ini untuk memastikannya, seperti mengutip CekAja.com.

1. Anda tidak sanggup membayar cicilan tepat waktu

Apakah Anda sering menunggak uang kontrakan, uang listrik, dan tagihan lainnya? Apakah saat menerima gaji Anda selalu ingin cepat-cepat ke bulan berikutnya supaya cepat gajian?

Jika uang sudah habis tak bersisa di tengah bulan, ada tiga kemungkinannya. Pertama Anda boros, kedua Anda tidak pandai mengelola uang, yang ketiga gaji Anda memang kurang.

Salah satu indikator nyata gaji kurang adalah tidak sanggup membayar cicilan tepat waktu.

2. Selalu mengandalkan pinjaman

Karena kekurangan, akhirnya meminjam uang pun dipilih sebagai jalan ke luar. Baik itu kepada teman atau keluarga berupa soft loan atau menggunakan kartu kredit. Pinjaman soft loan pada teman atau keluarga memang terkesan tidak membebani.

Pertama Anda tidak dikenai bunga dan lebih fleksibel dalam waktu pembayaran. Namun karena tidak ada perjanjian yang jelas, pihak kreditor akan terus berharap utang dibayar namun tidak enak membayar, dan pihak peminjam cenderung santai karena pada kerabat sendiri.

Tapi jika Anda terlalu sering berutang dan tidak menepati janji, hubungan kekeluargaan akan rusak selama-selamanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sering mengandalkan kartu kredit

3. Sering mengandalkan kartu kredit

Kartu kredit memang memberikan banyak keuntungan, ini kalau Anda tahu dan bijak menggunakannya.

Tapi kalau Anda menggunakannya untuk semua transaksi karena tidak ada lagi yang tersisa di dompet, ini merupakan tanda bahaya.

Menggunakan kartu kredit apalagi sampai mencapai limit malah membebani Anda dengan bunga yang besar jika pembayaran dilakukan dalam jumlah minimal. Waktu jatuh tempo tagihan menambah daftar mimpi buruk Anda.

4. Setelah melakukan riset kecil-kecilan

Sekarang ini sudah banyak situs yang memuat daftar gaji di sebuah perusahaan. Ini artinya semakin mudah mengetahui standar gaji di perusahaan lain untuk jabatan yang sama dengan Anda.

Atau Anda juga bisa memperluas jaringan untuk mengetahui berapa sebenarnya yang kolega Anda dapatkan.

Jika ternyata gaji Anda jauh di bawah mereka, tak heran kalau Anda selalu mengeluh di akhir bulan. Gaji Anda memang di bawah standar. Saatnya menyusun rencana untuk mengubah nasib.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.