Sukses

KAI Akan Berangkatkan KA Bandara dari Stasiun Kota

KAI tengah mengkaji kelayakan Stasiun Kota dan jalur yang digunakan untuk dilalui kereta Bandara Soetta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menjadikan Stasiun Jakarta Kota sebagai tempat pemberhentian kereta Bandara Soekarno-Hatta, selain Stasiun Manggarai.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan saat ini manajemen KAI tengah mengkaji kelayakan Stasiun Kota dan jalur yang digunakan untuk dilalui kereta Bandara Soetta.

"Memang awalnya diberangkatkan dari Stasiun Manggarai‎, tapi setelah kita pelajari, pemberangkatan juga bisa dilakukan dari Stasiun Kota. Ini untuk mengurangi kepadatan juga di Manggarai," kata Edi saat berbincang dengan wartawan, Senin (7/11/2016).

‎Meski masih dikaji, Edi mengaku apa yang menjadi rencana perusahaan tersebut sudah dikomunikasikan dengan Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan, serta Presiden Joko Widodo. Mereka pun menyatakan persetujuannya.

Hanya saja, Edi menuturkan, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan pengembangan di Stasiun Kota, antara lain parkir kendaraan dan peron khusus kereta bandara.

"Ini nanti menjadi pekerjaan rumah kita, pekerjaan rumah Railink yang nanti akan mengoperasikannya. Tapi kalau di Kota ini kan sudah ada KRL, jadi parkir mobilnya bisa di mana-mana. Jadi ke sini naik KRL, lanjut ke bandara," papar Edi.

Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, pengoperasian kereta bandara dari dua stasiun, Stasiun Manggarai dan stasiun Kota ini akan dilakukan semester I 2017.

Adapun kereta bandara ini akan diberangkatkan dari dua stasiun itu dalam 15 menit sekali. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini