Sukses

19 Negara Termiskin dan Berbahaya di Dunia

Negara mana saja yang masuk kategori negara termiskin dan berbahaya di dunia?

Liputan6.com, London - The Legatum Institute, lembaga penelitian yang berbasis di London, Inggris, mengeluarkan survei mengenai negara-negara yang paling makmur di dunia.

Selain daftar negara paling makmur, dalam laporan yang diberi judul 10th Annual Global Prosperity Index, The Legatum Institute juga mengeluarkan daftar negara-negara termiskin dan juga berbahaya.

Mengutip Independent.co.uk, Selasa (8/11/2016), dalam survei ini, The Legatum Institute menggunakan 104 variabel. Beberapa variabel tersebut adalah pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita dari penduduk.

Selain itu, variabel lain yang digunakan adalah jumlah pengangguran dan termasuk juga toleransi sosial dan seberapa baik penggunaan internet di masyarakat.

Ratusan variabel tersebut kemudian dikategorikan dalam beberapa sub indeks yaitu kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, pendidikan, kesehatan, keamanan, kebebasan, dan juga lingkungan.

Hasilnya ternyata banyak negara yang memiliki indeks di bawah rata-rata. Hal tersebut karena adanya beberapa sebab. Diantaranya adalah perang dan wabah penyakit.

Sebagian besar negara tersebut berada di bawah rata-rata karena ekonomi melambat dan juga faktor keamanan dari penduduk yang kecil.

Lengkapnya, berikut ini 19 negara yang berada di bawah rata-rata dari 149 negara yang masuk dalam survei:

19. Comoros

Secara umum, negara kepulauan ini sebenarnya cukup aman. Namun dari sembilan sub-indeks yang terdaftar berada di peringkat bawah atau berada di bawah rata-rata semua.

18. Ethiopia

Di beberapa sub indeks, negara ini memiliki peringkat yang baik. Namun khusus untuk masalah pendidikan, negara ini sangat kekurangan atau masuk dalam 20 negara dengan pendidikan terburuk.

17. Liberia

Virus ebola yang menyerang negara ini pada 2014 lalu membuat lebih dari 5.000 penduduk kehilangan nyawanya. Hal tersebut membuat sub indeks kesehatan negara tersebut dibawah rata-rata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mali

16. Mali

Negara Mali memiliki sub indeks pendidikan di bawah rata-rata. Namun kebebasan berbendapat dari negara ini sebenarnya cukup tinggi.

15. Nigeria

Ekonomi negara ini sebenarnya cukup tinggi jika dibanding dengan negara lain di Afrika. Sayangnya, tingkat keamanan dari penduduk di bawah rata-rata karena adanya Boko haram.

14. Libya

Setelah kejatuhan diktator Muammar Gaddafi diharapkan negara ini bisa kembali bangkit. Namun ternyata kekosongan kepemimpinan membuat negara ini sulit untuk berkembang.

13. Nigeria

Negara ini memiliki masalah yang sama dengan Nigeria yaitu karena adanya teroris yang membuat sub indeks keamanan dan keselamatan penduduk rendah.

12. Guinea

Tingkat pendidikan negara Guinea berada di bawah rata-rata sehingga tingkat kemiskinan pun membentang tinggi.

3 dari 4 halaman

Pakistan

11. Pakistan

pakistan menjadi salah satu negara paling tidak aman di dunia.

10. Burundi

Tingkat kemakmuran negara ini meningkat tetapi kebebasan berpendapat masyarakat di negara ini tidak ada.

9. Angola

Negara ini sebenarnya kaya akan minyak. Sayangnya karena tidak diurus dengan benar maka 9 sub indeks yang ada berada di peringkat paling bawah.

8. Mauritania

Negara di Afrika Utara ini sebenarnya memiliki skor yang cukup bagus untuk ekonomi. Sayangnya, beberapa indeks lain menunjukkan angka yang rendah.

7. Irak

Isis membuat negara ini berada di tingkat rendah keamanannya. Sering terjadi pertempuran membuat masyarakat sering dalam bahaya.

6. Chad

Sumber daya alam negara ini cukup banyak. Sayangnya sumber daya tersebut tidak dikelola dengan baik sehingga membuat beberapa sub indeks di bawah rata-rata.

4 dari 4 halaman

Kongo

5. Kongo

Sub indeks keselamatan dari negara ini berada di peringkat paling bawah.

4. Sudan

Peringkat sudah turun cukup dalam dari 134 pada tahun lalu menjadi 145 pada tahun ini. Hal tersebut karena kemakmuran negara ini turun drastis.

3. Central African Republic

Negara ini terletak di jantung Afrika. negara ini paling tidak sejahtera di Afrika.

2. Afghanistan

Negara ini terus berperang selama berpuluh-puluh tahun. Oleh sebab itu negara ini sulit untuk makmur dan keselamatan penduduk berada di bawah standar.

1. Yaman

Perang antara sipil membuat negara ini sulit untuk sejahtera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini