Sukses

Ingin Bisnis Waralaba Sukses? Simak Trik Ini

Menjalankan bisnis waralaba bukan sembarangan, jika tidak memiliki strategi bisnis yang tepat maka dapat membuat kerugian.

Liputan6.com, Jakarta - Jika sering melihat restoran, café, atau kios-kios makanan dengan nama yang sama di tempat atau kota yang berbeda, mungkin itu berarti bisnis tersebut merupakan suatu bisnis waralaba.

Banyak orang yang meragukan kemampuan berbisnis mereka sendiri dan takut untuk memulai usaha yang baru.

Dengan sistem waralaba, peminat bisnis tersebut dapat dengan tenang dalam menjalankan usaha mereka walau hanya mempunyai pengalaman dan pengetahuan minim dalam menjalankan bisnis tersebut.

Menjalankan bisnis waralaba bukanlah sembarangan, jika tidak memiliki strategi bisnis yang tepat, Anda akan mengalami kerugian yang cukup tinggi karena adanya biaya waralaba.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis waralaba, terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (9/11/2016):

1. Pilihlah bisnis waralaba dengan bidang yang Anda minati atau mengerti. Dengan memilih bidang bisnis yang sesuai, Anda dapat lebih termotivasi dan tekun dalam menjalankannya.

2. Pastikan perusahaan yang akan diwaralabakan memiliki strategi pemasaran yang baik (promosi dan iklan yang kreatif serta beragam) dan menawarkan pelatihan yang berkesinambungan agar bisnis Anda tetap kompetitif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisnis Waralaba Alternatif yang Bagus

3. Carilah bisnis waralaba yang dapat dihibahkan, sehingga bisnis tersebut dapat digeluti oleh keluarga Anda.

4. Carilah pemberi waralaba yang memperhatikan franchisee dari waktu ke waktu agar anda dapat dibantu untuk tetap mempertahankan standar dan tingkat laba.

5. Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis waralaba, perhatikan daya saing dan minat masyarakat atas bisnis tersebut

6. Bisnis waralaba tidak lepas dari pemilihan lokasi yang strategis, pastikan lokasi pilihan Anda memungkinkan untuk menarik perhatian pembeli.

7. Cermati sistem franchise yang ditawarkan, dari segi sumber modal usaha, biaya waralaba dan potongan-potongan. Sesuaikan target anda dengan permintaan waralaba tersebut.

Bisnis Waralaba Memberikan Pilihan Alternatif yang Bagus

Dibandingkan dengan membuka bisnis baru dengan nama yang tidak dikenal dan sistem yang belum pasti, memang dapat menjadikan bisnis waralaba sebagai opsi yang efektif.

Akan tetapi, seperti hal bisnis, sistem waralaba juga menuntut Anda untuk dapat teladan dan tekun dalam menjalankan bisnis tersebut agar bisnis tersebut dapat terus berkembang.  (Ahm/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini