Sukses

Riset: Terlalu Stres Saat Kerja Bisa Picu Kematian Dini

Penelitian tersebut mengungkap orang yang sering stres ketika bekerja bisa meninggal dunia lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Stress ketika bekerja merupakan hal yang sering dihadapi oleh orang yang bekerja. Namun ternyata, hal ini tidak memberikan dampak yang baik apabila dilakukan dalam waktu lama.

Peneliti dari Indiana University Kelley School of Business mengungkap orang yang sering stress ketika bekerja bisa meninggal dunia lebih cepat di usia 60 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki kontrol yang baik terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Seperti diberitakan oleh Fortune, peneliti mengidentifikasi pegawai yang bekerja dari dua subjek. Tekanan pekerjaan dan kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Analisis mereka memperlihatkan, orang yang memiliki kemampuan yang baik dalam membuat keputusan akan memiliki 15,4 persen usia lebih lama. Keputusan ini dibuat untuk menyeimbangkan hidup lebih baik.

Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa mereka yang bekerja di pekerjaan dengan tekanan tinggi namun dengan kontrol yang rendah cenderung lebih tidak sehat dibanding mereka yang bekerja di pekerjaan dengan tekanan lebih rendah.

Ketua peneliti Erik Gonzalez-Mulé dari Kelley School of Business mengatakan bahwa pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi dapat memberikan konsekuensi negatif pada kesehatan pegawai. Namun, hal ini bisa tidak terjadi apabila pegawai tersebut memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.