Sukses

Usul Ahmad Dhani Biar Artis Patuh Bayar Pajak

Artis atau musisi tak patuh pajak bukan karena mangkir melainkan karena memang tidak tahu banyak mengenai perpajakan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mendorong ketaatan dari warga negara Indonesia untuk membayar pajak. Selama ini, tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak masih cukup rendah.

Kalangan musisi dan artis menjadi salah satu target dari Direktorat Jenderal Pajak untuk ditarik pajak. Selama ini memang kepatuhan dari para musisi dan artis tersebut masih minim.

Saat berkunjung ke Kantor DJP Pusat di Jalan Gatot Subroto Jakarta, musisi kawasan Ahmad Dhani memberikan masukan. Suami dari Mulan Jameela ini menyarankan agar Direktorat Jenderal Pajak tidak menembak artis atau musisi langsung melainkan mengajak kerja sama event organizer (EO).

"Saya usulkan, supaya lebih tertib EO itu harus kerja sama dengan kantor pajak. Jadi EO yang tidak kerja sama dengan kantor pajak secara hukum dia ilegal untuk menjalankan EO," kata dia, Rabu (9/11/2016).

Selama ini setiap pertunjukan atau acara dikoordinasi oleh para EO ini. Pengundang dan yang membayar para musisi dan artis pun juga EO. Oleh sebab itu, dengan menjalin kerja sama dengan EO maka Direktorat Jenderal Pajak bisa menarik pajak langsung kepada para artis dan musisi

Pendiri grup musik Dewa ini melanjutkan, artis atau musisi bukan pembayar pajak yang baik bukan karena mangkir melainkan karena memang tidak tahu banyak mengenai perpajakan. "Selama ini artis kalau show tidak tahu yang membayar pajak entah artis entah EO," ungkap dia.

Untuk diketahui, Ahmad Dhani mengunjungi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak atas permintaan DJP untuk meminta izin merilis daftar 10 artis pembayar pajak tertinggi. "Dalam rangka ada permintaan izin dari Kantor Pajak untuk merilis daftar 10 artis pembayar pajak tertinggi," ujar dia.

Dia menegaskan, untuk masuk dalam bursa calon pasangan bupati mesti menyelesaikan urusan pajak. Bahkan dia menegaskan telah ikut tax amnesty atau Program Pengampunan Pajak untuk periode pertama.

"Boleh tanya KPUD semua calon bupati wakil bupati itu sudah beres urusan pajak, termasuk tax amnesty, kalau nggak, nggak boleh nyalon," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ahmad Dhani adalah musisi Indonesia yang dikenal karena membentuk band Dewa 19
    Ahmad Dhani adalah musisi Indonesia yang dikenal karena membentuk band Dewa 19

    Ahmad Dhani

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak

  • Wajib Pajak atau disingkat WP adalah orang yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak.

    Wajib Pajak

Video Terkini