Sukses

PNM dan BSN Sinergi Tingkatkan Daya Saing UMKM di RI

Tujuan dari sinergi ini adalah agar produk UMKM di Indonesia punya daya saing.

Liputan6.com, Jakarta BUMN PT Permodalan Nasional Madani (Persero) bersinergi dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Tujuan dari sinergi ini adalah agar produk UMKM di Indonesia punya daya saing.

Salah satu hasil dari kerja sama antara keduanya adalah pada produk batik khas Banyuwangi. Mitra binaan PNM dari Banyuwangi, Nanang Edy, menerima sertifikasi SNI untuk produk batik khas Banyuwangi garapannya.

Direktur Utama PT PNM Parman Nataatmadja mengatakan sinergi yang terjalin antara PNM dan BSN sejak tahun 2015 lalu terbukti efektif dalam menciptakan pelaku UMK yang berdaya saing tinggi. Menurutnya, dengan penerapan SNI kepada tiap-tiap pelaku usaha diharapkan ke depannya produk dalam negeri mampu berjaya di negeri sendiri dan juga pasar global.

"Produk-produk UMK binaan PNM sudah cukup membanggakan, namun untuk dapat terjun ke pasar global, dibutuhkan standar pada semua kualitas produksi dan manajemen pelaku UMK-nya. Oleh karena itulah PNM dan BSN sejak tahun lalu menginisiasi kerjasama agar standarisasi produk pelaku UMK terpenuhi,” ujar Parman, di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Kemudian ia menambahkan proses untuk mendapatkan sertifikasi SNI dari BSN tidaklah mudah, dibutuhkan waktu yang cukup lama serta pengawasan yang ketat untuk meraihnya

“Pada hari ini salah satu mitra binaan terbaik kami, yaitu pak Nanang telah berhasil melalui proses panjang dalam meraih sertifikasi SNI. Terhitung sejak Mei 2016 beliau telah melalui proses pengawasan pembukuan, administrasi, produksi, uji lab batik, hingga managemen keuangan dibawah bimbingan BSN,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Badan Standarisasi Nasional Bambang Prasetya menuturkan bahwa BSN senantiasa dan berkomitmen penuh akan membantu PNM dalam memberikan bimbingan tentang standarisasi kepada nasabah binaan PNM.

“Pemberian SNI serta mengembangkan dan pembinaan standarisasi untuk sebuah produk tertentu telah menjadi bidang kami yang harapan kedepannya akan membantu kelancaran bagi usaha PNM serta seluruh usaha nasabah binaan PNM," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini