Sukses

Masih Mahal, Harga Cabai Dijual Rp 70 Ribu per Kg

Masyarakat sampai saat ini masih dihadapkan dengan tingginya beberapa bahan pangan di pasar-pasar tradisional

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat sampai saat ini masih dihadapkan dengan tingginya beberapa bahan pangan di pasar-pasar tradisional. Salah satu yang masih tinggi adalah cabai merah kriting.

Hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang Jakarta Selatan, harga cabai merah keriting dibanderol Rp 70 ribu per kg. "Harga ini sudah bertahan seminggu ini, belum turun-turun juga," kata salah satu pedagang, Siti (46) saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (11/11/2016).

Namun, dikatakan Siti, harga itu mulai berangsur turun. Beberapa minggu lalu dirinya pernah menjual harga cabai merah keriting mencapai Rp 72 ribu per kg.

Penurunan juga terjadi untuk jenis cabai rawit merah yang dijual Rp 55 ribu per kg. Ini juga sudah sedikit menurun dari sebelumnya Rp 58 ribu per kg. Begitu juga untuk cabai rawit hijau yang turun Rp 2 ribu‎ per kg menjadi Rp 38 ribu per kg.

Meski beberapa jenis cabai mengalami penurunan, hal ini berbanding terbalik dengan bawang merah yang justru naik Rp 2 ribu menjadi Rp 48 ribu per kg‎.

"Tapi kalau bawang putih justru menurun Rp 1 ribu, sekarang harganya Rp 36 ribu," tambah Siti.

Sementara untuk jenis bahan pangan lainnya, harga beras medium seharga Rp 10 ribu per kg, beras premium Rp 12 ribu per kg. Untuk harga daging ayam Rp 28 ribu per ekor, telur ayam Rp 20 ribu per kg dan minyak goreng curah Rp 13 ribu per kg.

Sementara gula pasir dibanderol Rp 16 ribu per kg, tepung terigu Rp 8 ribu per kg, kentang Rp 14 ribu per kg, tomat Rp 14 ribu per kg dan daging ayam masih berada di Rp 120 ribu per kg. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini