Sukses

Top 3: Provinsi dengan UMP Tertinggi di 2017

Besaran UMP pada tiap provinsi berbeda-beda sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 34 provinsi telah menetapkan besaran upah minimum provinsi (UMP) 2017. Besaran UMP pada tiap provinsi berbeda-beda sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing.

Setiap Kepala Daerah memiliki kebijakan sendiri terkait penghitungan UMP tersebut. Meski pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menetapkan persentase kenaikan UMP 2017 hanya sebesar 8,25 persen. 

Diketahui, terdapat 6 provinsi yang menetapkan UMP cukup tinggi di tahun depan. Artikel soal ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis.  Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Sabtu (12/11/2016):

1. Ini 6 Provinsi dengan UMP Tertinggi di 2017

Seluruh provinsi di Indonesia telah menetapkan besaran upah minimum provinsi (UMP) 2017. Besaran UMP pada tiap provinsi berbeda-beda sesuai dengan angka kenaikan pada provinsi tersebut.

Penetapan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Pengumuman UMP seharusnya berlangsung serentak di seluruh provinsi pada 1 November.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menetapkan persentase kenaikan UMP 2017 hanya sebesar 8,25 persen. Kembali ini mengikuti PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang menggunakan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi dalam menetapkan besaran kenaikan UMP. Berita selengkapnya di sini.

2. Harga Emas Turun ke Posisi Terendah dalam 5 Bulan

Harga emas dunia anjlok 3 persen ke posisi terendah dalam lima bulan terpicu aksi jual serta imbal hasil hasil obligasi yang fluktuatif, di tengah spekulasi jika belanja infrastruktur Amerika Serikat (AS) bisa memicu inflasi.

Melansir laman Reuters, Sabtu (12/11/2016), harga spot emas turun 3 persen ke posisi US$ 1.222,38 per ounce setelah menyentuh sesi rendah di
US$ 1.219,40, terendah sejak 3 Juni. Sementara harga emas berjangka AS juga susut 3,3 persen menjadi US$ 1,224.30 per ounce.

Aksi jual menempatkan harga emas pada kinerja mingguan terendah sejak Juni 2013, meski logam mulia ini sempat melaju hampir 5 persen pada Rabu ketika hasil menunjukkan Donald Trump terpilih menjadi presiden Amerika Serikat (AS). Berita selengkapnya di sini.

3. Kenapa Warga AS Pilih Donald Trump Jadi Presiden?

Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat setelah mengalahkan rivalnya, Hillary Clinton. Banyak yang khawatir dari terpilihnya Trump sebagai presiden.

Termasuk soal nasib warga Muslim di AS. Karena Trump pernah mengeluarkan pernyataan yang kontroversial, bahwa dia akan melarang umat muslim pergi ke AS. Tak hanya itu, Trump juga dikenal kontroversial dalam hal lain.

Meski demikian, ada juga yang beranggapan bahwa sosok Trump akan membawa dampak positif. Seperti dilansir dari The Richest, berikut daftar alasan Trump adalah presiden yang tepat bagi warga AS. Berita selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.