Sukses

Dolar AS Menguat, Bursa Asia Bervariasi

Dolar Amerika Serikat menguat terhadap yen seiring imbal hasil surat berharga AS menguat.

Liputan6.com,Sydney - Dolar Amerika Serikat (AS) menyentuh level tertinggi dalam sembilan  bulan pada perdagangan Asia di awal pekan ini. Sedangkan bursa Asia cenderung bervariasi.

Dolar AS menguat dipicu risiko inflasi lebih cepat. Imbal hasil surat berharga Amerika Serikat (AS) pun menguat.  Sentimen tersebut membebani  aset di negara emerging market.

Dolar AS berada di posisi 106,90 terhadap yen. Sedangkan euro berada di level terendah sejak Januari di posisi US$ 1,08.

Berdasarkan data Bank of America Merrill Lynch, aksi jual terjadi lebih dari US$  1  triliun  di pasar obligasi global. Kenaikan imbal hasil surat utang AS telah menekan aset di emerging market. Sementara itu,risiko  perang  dagang antara AS dan China pun mempengaruhi Asia.

"Ada sebuah sinyal tingginya imbal hasil obligasi dan penguatan dolar AS berdampak domino. Merealisasikan aset berisiko dulu sebelum pindah ke aset berikutnya," ujar Analis Deutsche Alan Ruskin seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (14/11/2016).

Sementara itu, bursa Asia cenderung variasi. Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,3 persen. Hal tersebut diikuti indeks saham  Australia dan Korea Selatan melemah. Sedangkan indeks saham Jepang Topix naik 1,4 persen dan indeks saham Selandia Baru menguat 0,5 persen.

Di pasar komoditas, harga minyak menguat. Harga minyak Brent naik enam sen ke level US$ 44,81 per barel. Sedangkan harga minyak Amerika Serikat mendatar di kisaran US$ 43,41.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.