Sukses

Pekerjaan Impian yang Tetap Harus Dikejar Meski Usia Hampir 30-an

Tidak ada kata terlambat untuk mengejar mimpi. Sebab, ada beberapa profesi yang bisa diwujudkan di usia yang tak lagi muda.

Liputan6.com, Jakarta - Apa cita-cita Anda sewaktu kecil? Menjadi penyanyi, penulis, atau menjadi aktor?
Tidak ada kata terlambat untuk mengejar mimpi. Pada kenyataannya, ada beberapa profesi yang bisa diwujudkan di usia yang tidak lagi muda.

Dan karenanya, memang sebaiknya Anda tidak menyerah untuk mewujudkannya. Berikut buktinya seperti dikutip dari CekAja.com:

Aktor/aktris

Menjadi aktor atau aktris bisa dilakukan di segala usia. Karena dalam sebuah produksi film, tidak hanya membutuhkan pemeran yang berusia muda atau yang ganteng dan cantik saja. Contohnya adalah Michael Clarke Duncan yang memulai akting saat berusia 38 tahun.

Masih banyak aktor dan aktris yang menjadi terkenal setelah berusia 30. Di antaranya Alan Rickman pemeran Snape dalam Harry Potter dan Lupita Nyong’o pemain 12 Years of Slave peraih piala Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Komedian

Karier sebagai komedian bisa diwujudkan di usia berapapun. Komedian asal Amerika, Phyllis Diller, baru debut saat berusia 37 tahun. Apalagi sekarang ini menjadi comedian bisa dirintis dari menjadi komik alias orang yang membawakan standup comedy.

Musisi

Sudah banyak musisi terkenal yang awalnya berasal dari Youtube. Justin Bieber adalah salah satu yang terkenal karena awalnya suka mengcover lagu. Anda bisa memakai Youtube sebagai media debut.

Model

Model

Bermimpi untuk menjadi model? Profesi ini identik dengan tubuh tinggi, proporsional, dan berusia muda. Tapi baju tidak selalu diperuntukkan untuk usia muda bukan?

Desainer sering membutuhkan model dari segala usia. Buktinya Valerie Ramsey baru terjun ke dunia modelling di usia 63 dan bisa menjadi model terkenal.

Chef

Profesi chef menjadi populer sejak acara kontes chef berhasil menyedot perhatian masyarakat penikmat televisi. Dalam acara tersebut Anda bisa melihat bahwa pesertanya berasal dari berbagai usia dan profesi.

JuliaChild, chef terkenal asal Amerika bahkan baru masuk sekolah memasak di usia 36 tahun. Ia dikenal sebagai chef legendaris sampai saat ini. (Baca juga: Merasa Punya Nyali Tinggi? Pekerjaan Bergaji Tinggi Ini Cocok untuk Kamu)

Guru


Guru

Kalau Anda memiliki passion dalam membagikan ilmu dan ingin menjajal pengalaman sebagai guru, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Sekarang ini banyak program relawan untuk mengajar anak-anak kurang mampu. Cita-cita terwujud sekaligus melakukan kegiatan sosial.

Penulis

Stan Lee, creator komik-komik Marvel ternyata baru menggambar komik saat berusia 38 tahun. Sedangkan Laura Ingalls Wilder merilis novel pertamanya saat berusia 65 tahun. Fiksi, nonfiksi, komik, apapun genre yang kamu sukai, tidak ada kata terlambat untuk mulai menuangkan ide dalam secarik kertas.

Seniman

Banyak seniman yang meraih kesuksesan saat berusia sepuh. Salah satu inspirasi seniman sukses adalah Anna Mary Robertson Moses (alias Grandma Moses) yang baru melukis di usia 78 tahun. Anda tidak perlu menunggu sampai setua itu, sekarang pun belum terlambat untuk menekuni bidang seni. (Baca juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Kalau Mau Sukses Berbisnis)


Desainer


Desainer

Vera Wang merupakan junalis sebelum memasuki industri fesyen di usia 40 tahun. Meski terlambat, dia tidak malu belajar dari awal dan tidak takut kalah bersaing dari perancang-perancang muda.

Kini Vera Wang dianggap sebagai salah satu desainer busana dan perancang perhiasan yang paling bergengsi. Karyanya terutama baju pengantin bernilai mahal. Masih ragu untuk mencoba?

Sebelum Anda memutuskan untuk banting stir dan menekuni pekerjaan impian, pastikan Anda siap dengan segala konsekuensinya. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjadi dokter pada usia 60, Anda harus menempuh empat tahun sekolah medis ditambah menjadi ko-as. Keluarga juga harus siap dengan perubahan besar ini.

Jangan lupa dengan persiapan finansial dan tetap realistis sehingga Anda bisa menyusun rencana untuk mewujudkan mimpi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini