Sukses

3 Tips Finansial Sebelum Beli Rumah, Mobil hingga Liburan

Semakin bertambahnya usia dan tingginya penghasilan, Anda akan dihadapkan dengan pembelian besar seperti rumah dan mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin bertambahnya usia dan semakin tingginya penghasilan, Anda akan dihadapkan dengan pembelian besar. Jika saat ini Anda bingung harus memilih kaos atau kemeja, beberapa tahun lagi Anda mungkin bingung memilih rumah di lokasi A atau lokasi B.

Kadang, apa yang Anda beli tersebut malah hanya berdasarkan keinginan bukan kebutuhan. Semakin mahal yang Anda beli, semakin banyak pertimbangan yang harus dipikirkan.

Sekarang ini mengajukan pinjaman ke bank untuk melakukan pembelian besar memang semakin mudah, tapi jangan membeli tanpa membaca tips berikut seperti dikutip dari CekAja.com:

Membeli mobil baru

Karena harganya cukup mahal, membeli mobil haruslah berdasarkan atas kebutuhan bukan keinginan. Misalnya jika keluarga Anda hanya terdiri dari tiga orang, pilihlah mobil yang tidak terlalu besar. Demikian juga jika hanya digunakan di dalam kota, pilihlah mobil dengan cc kecil dan hemat bahan bakar.

Kesampingkan dulu keinginan untuk beli sedan mewah atau mobil-mobil unik karena pasti membutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup mahal. Amati juga harga jual bekasnya di pasaran. Sebelum memutuskan beli mobil, tanyakan pada diri sendiri, apakah dengan beli mobil pengeluaran untuk ongkos transportasi dapat ditekan?

Dan apakah dengan tidak memiliki mobil kualitas hidup akan berkurang? Yang paling penting, sanggupkah membayar cicilan per bulan apalagi jika punya cicilan lain? (Baca juga: 5 Tips Kredit Mobil untuk Taksi Online)

Membeli rumah

Cicilan rumah yang berkisar dari lima hingga 20 tahun tentu menjadi alasan agar tidak sembarangan dalam memutuskan beli rumah. Bayangkan jika Anda terjebak dalam cicilan bertahun-tahun, sedangkan sebenarnya Anda tidak menyenangi rumah yang Anda tempati. Bisa karena modelnya, lingkungan, maupun lokasinya.

Oleh karenanya, sebelum membeli rumah lakukan survei sebanyak-banyaknya. Pikirkan waktu tempuh dari rumah menuju komputer, fasilitas, dan lingkungan.

Liburan



Liburan

Liburan ke luar negeri tidak selalu mahal, begitupun dengan liburan di dalam negeri tidak melulu rumah. Semuanya tergantung dengan perencanaan anggaran dan gaya liburan. Dalam beberapa kasus, kenyamanan memang sebanding dengan harga.

Misalnya Anda lebih memilih pesawat fullboard yang meskipun tiketnya mahal tentu lebih nyaman daripada budget airlines. (Baca juga: Asal Berani, 5 Hal Ini Bisa Mengantarmu Menuju Gerbang Kekayaan)

Pengeluaran seperti penginapan dan transportasi bisa dihemat asalkan Anda mau repot mencari yang termurah dan ternyaman. Liburan secara independen tanpa ikut tur membuat Anda bebas mengantur anggaran.

Tur dan travel sering mengutip untung yang besar, sehingga dengan liburan sendirian dengan perencanaan yang matang akan jauh lebih hemat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini