Sukses

Ingin Dapat Kerja di 2017? Lakukan 5 Hal Ini pada CV Anda

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, salah satunya dengan membenahi CV Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan pekerjaan di tahun 2017 merupakan daftar teratas keinginan Anda? Maka Anda perlu mempersiapkannya dari sekarang. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, salah satunya adalah dengan mempersiapkan CV Anda secara matang.

Lalu bagaimana cara agar CV Anda terlihat lebih menarik dibanding yang lain? Dikutip dari Cheatsheet.com, Kamis (17/11/2016), berikut tips jitu untuk memperbarui CV Anda agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan pada tahun 2017:

1. Membuatnya Terlihat Bagus

Jangan pernah menyepelekan untuk membuat CV. Sebab, CV merupakan cerminan diri kita. Sekalipun Anda bukan seorang desainer, tetap jangan membuat resume yang biasa seperti kebanyakkan orang.

Buatlah CV yang mudah dibaca dan jangan berantakan. Gunakan hanya satu atau dua font profesional (hindari penggunaan font Comic Sans), dan cobalah untuk memecah tulisan dengan menggunakan poin-poin.

Jangan lupa untuk memeriksa resume secara teliti. Pastikan semuanya benar selaras dan memiliki jarak yang konsisten. Anda juga dapat meminta bantuan teman untuk mengoreksi dokumen agar terhindar dari kesalahan.

2. Memotong yang Tidak Perlu

Saat menulis CV, mungkin Anda tergoda untuk memasukkan segala sesuatu yang tidak penting, seperti  pekerjaan-pekerjaan paruh waktu yang tidak sesuai dengan tujuan karier, IPK, apapun yang berhubungan dengan sekolah tinggi (kecuali Anda masih di perguruan tinggi), foto Anda, daftar keterampilan yang mencakup Microsoft Word atau software lainnya (kebanyakan orang tahu bagaimana menggunakannya), dan informasi terlalu pribadi, seperti usia atau keagamaan.

Padahal, dengan menghapus semua informasi yang tidak relevan dapat membuat dokumen Anda menjadi terlihat lebih rapi dan tentunya hal ini dapat membuat CV Anda lebih mudah dipelajari oleh manajer HRD.

Tulis apa yang Anda lakukan

3. Cantumkan Apa yang Telah Anda Lakukan

Buatlah CVyang mencantumkan posisi apa saja yang telah Anda capai pada masa lalu, seperti ketika Anda berhasil menyelesaikan proyek besar. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mengunggulkan diri Anda. Namun tetap ingat, jangan mencantumkan data yang tidak sesuai karena manajer tentunya juga ingin melihat bukti nyata dari pekerjaan Anda.

4. Jangan Gunakan Bahasa "Zombie" (Sulit Dimengerti)

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang berorientasi pada hasil profesional. Namun, ingat bukan Anda saja yang mencari pekerjaan, melainkan ribuan orang lainnya.

Anda pasti ingin tampak menonjol dibanding lainnya, maka jangan takut untuk meletakkan suara manusia dalam CV Anda, menceritakan kisah-kisah manusia, dan jangan takut untuk menggunakan kata "aku" pada resume Anda.

5. Gunakan Kata-kata yang Dapat Ambil Hati Manajer HRD

Setelah Anda menghilangkan klise dan bahasa "zombie" dari CV Anda, Anda harus menggantinya dengan kata-kata yang dapat mengambil hati manajer perekrut.

Manajer HRD akan lebih memilih kata-kata yang menunjukkan pengalaman khusus, keterampilan, dan prestasi. Ketentuan dan klise subyektif dilihat sebagai negatif karena dianggap tidak menyampaikan informasi yang sebenarnya. (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini