Sukses

Ingin Cepat Kaya? Terapkan 7 Tips Ini

Membuat rencana keuangan sangat penting untuk membangun kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada satu pun orang yang menolak untuk menjadi kaya. Namun, apakah Anda tahu bahwa membangun kekayaan tidak memerlukan individu untuk memiliki penghasilan yang sangat tinggi? Membangun kekayaan justru bisa berasal dari ketekunan, kesabaran, dan tujuan keuangan yang realistis.

Membuat rencana keuangan memang sangatlah penting untuk membangun kekayaan. Kebanyakan orang menjadi kaya karena melalui sebuah proses dari waktu ke waktu dengan mengikuti langkah-langkah dalam strategi keuangan mereka.

Mungkin memang tidak ada formula ajaib untuk mengumpulkan kekayaan, tapi tips tertentu dapat menempatkan Anda pada jalan yang benar untuk mencapai kekayaan.

Berikut tujuh tips yang dapat Anda terapkan untuk mencapai kekayaan yang dikutip dari Ehow.com, Jumat (18/11/2016):

1. Hidup dalam Anggaran Anda

Mulailah dengan membuat anggaran. Membuat anggaran akan membantu Anda menguasai keuangan. Dengan adanya anggaran, tentunya akan memudahkan Anda dalam mengetahui apa saja pengeluaran yang Anda keluarkan tanpa perlu menebak-nebaknya.

Untuk mendapatkan kekayaan, anggaran Anda harus mencakup pendapatan Anda, biaya yang diperlukan, uang pensiun dan tabungan kontribusi.

Investasi Uang dengan Bijak

2. Menginvestasi Uang Anda dengan Bijak

Salah satu cara untuk membangun kekayaan adalah dengan menginvestasi uang Anda dalam aset menguntungkan. Sebuah rekening pensiun memungkinkan Anda untuk menginvestasikan uang.

Anda dapat memilih rekening pensiun Anda yang sesuai dengan toleransi risiko Anda, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan dana yang diperdagangkan di bursa. Di luar rekening pensiun Anda, Anda dapat menginvestasikan uang Anda di pasar keuangan.

3. Menyimpan Uang Secara Teratur

Tips lain untuk menjadi kaya adalah dengan menyimpan uang Anda secara teratur. Cara mudahnya, Anda dapat menerapkan langkah ini dengan mendaftar tabungan otomatis dengan bank Anda.

Dengan langkah ini, Anda hanya dapat mengeluarkan uang sesuai jumlah yang telah ditentukan dari rekening Anda. Hal ini tentunya membuat lebih mudah menyimpan uang mengingat prosesnya yang otomatis.

4. Meningkatkan Pendapatan Anda

Jika biaya yang Anda peroleh tidak memungkinkan untuk disimpan ataupun diinvestasi, ada baiknya Anda harus meningkatkan penghasilan. Namun, tetap ingat, jangan sampai menghabiskan penghasilan tambahan pada sesuatu yang tidak perlu. Tetap fokus pada tujuan Anda untuk membangun kekayaan.

Menurunkan Beban

5. Menurunkan Beban Anda

Jika memungkinkan, menghilangkan biaya yang tidak diperlukan tentunya akan membuat Anda lebih mudah dalam mengumpulkan kekayaan.

Tinjau anggaran Anda untuk melihat apakah ada biaya yang dapat Anda kurangi atau hilangkan. Mungkin hal ini memang tidak menyenangkan, namun berkorbanlah agar dapat menikmati kesuksesan di masa depan.

6. Memantapkan Rencana Anda

Mungkin beberapa kali Anda mengalami kemunduran keuangan saat membangun kekayaan, tetapi cobalah untuk menghindari mengambil uang dari investasi jangka panjang. Menyimpan uang Anda secara teratur akan membantu Anda terus membayar tagihan Anda jika Anda mengalami kesulitan keuangan.

7. Mulai Membangun Kekayaan Sejak Awal

Semakin awal Anda menerapkan rencana untuk membangun kekayaan, maka semakin besar kemungkinan Anda mencapai tujuan. Alasannya dapat berupa portofolio investasi Anda memiliki lebih banyak waktu untuk pulih dari pasar bawah, membuat lebih banyak kontribusi bulanan dalam seumur hidup dari orang yang lebih tua, dan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan keuntungan dari bunga majemuk. (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.