Sukses

Mau Tahu Cara Jitu Menyimpan Uang? Simak 4 Cara Kreatif Ini

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menghemat uang.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menghemat uang. Mulai dari memotong beberapa hal dari anggaran, menabung uang tunai, dan hal lainnya yang mungkin justru memberatkan dirinya.

Apakah Anda ingin menjadi kebanyakan orang itu? Jika tidak, maka ada kabar baik untuk Anda. Berikut beberapa cara untuk mengemat uang tanpa memberatkan diri yang dikutip dari Cheatsheet.com, Sabtu (19/11/2016):

1. Cerdas dalam Berbelanja

Apa Anda suka berbelanja? Tenang, Anda tetap dapat menyimpan banyak uang sambil berbelanja. Bagaimana caranya? Anda dapat memulainya dengan tak membeli barang dengan harga penuh.

Artinya, mulailah membeli barang-barang dengan harga diskon. Perhatikan dan pelajari waktu ketika toko favorit Anda biasa memiliki ledakan penjualan.

2. Nongkrong di Rumah

Siapa bilang nongkrong yang asik hanya dapat dilakukan di luar rumah? Cobalah untuk mulai nongkrong di rumah sendiri. Anda dapat mencoba untuk menonton film TV yang menyenangkan sambil duduk di sofa dan ditemani dengan sebuah popcorn.

Jika Anda merasa kesepian, Anda bisa mengundang beberapa teman ke rumah. Tambahkan beberapa musik, beberapa makanan dan minuman, maka jadilah sebuah pesta kecil. Dengan nongkrong di rumah, tentunya akan menghemat uang mengingat Anda tidak harus membayar ekstra.

Memasak Lebih

3. Memasak Lebih

Apa Anda termasuk orang yang suka memesan makanan di luar? Sebaiknya hindari hal ini jika Anda ingin menghemat uang. Jika Anda dapat memasak makanan yang sama seperti yang Anda beli, lebih baik Anda memasaknya sendiri walau mungkin harus mengeluarkan waktu persiapan dahulu.

Namun ingatlah, dengan memasak sendiri kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih dan dapat lebih terjamin kesehatan makanannya.

Jika Anda tidak tahu bagaimana memasak, mulailah dengan mengambil kelas memasak gratis. Dari sana, Anda akan belajar keterampilan baru dan mungkin bertemu teman-teman baru.

4. Mulai Bergabung dengan Kelompok Tabungan

Jika Anda merasa tak sanggup menyimpan uang sendiri, Anda dapat bergabung dengan kelompok tabungan yang berisikan orang-orang yang mempunyai satu tujuan dengan Anda.

Bergabung dengan kelompok tabungan akan menjadi sebuah dukungan tersendiri untuk Anda, seperti dapat melacak kemajuan dan menetapkan tujuan tabungan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk membuat keputusan yang tepat dengan uang Anda. (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini