Sukses

Susah Mengelola Waktu? Coba Lakukan 6 Tips Ini

Waktu merupakan hal yang sangat berharga, bahkan ada istilah "Time is Money".

Liputan6.com, Jakarta - Waktu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Mungkin banyak orang dapat mengelola waktunya dengan baik, namun sebagian besar juga masih tetap tak bisa melakukannya.

Jika Anda adalah seorang pengusaha, tentunya waktu merupakan hal yang sangat berharga, bahkan ada istilah "Time is Money". Tidak dapat mengelola waktu akan membuat Anda terbebani dan menghancurkan semua rencana.

Lalu bagaimana cara tepat untuk mengelola waktu? Berikut beberapa tips jitu mengelola waktu yang dilansir dari Quickbooks.intuit.com, Jumat (9/12/2016): 

1. Tahu Tujuan

Pastikan terlibat dalam kegiatan yang mendukung tujuan bisnis Anda, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Pastikan pula rencana harian Anda, harus terus mengerjakan tugas maupun kegiatan yang berhubungan dengan pendapatan dan mengembangkan bisnis Anda.

2. Prioritaskan Hal Penting

Tulislah daftar kegiatan Anda dalam empat kategori, yaitu penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, mendesak tetapi tidak penting, serta tidak mendesak dan tidak penting. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikannya masing-masing, lebih termotivasi, dan dapat mengatasi kegiatan yang kurang penting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berani berkata tidak

3. Berani Berkata "Tidak"

Jika Anda menolak permintaan karena harus menghadiri hal yang lebih penting dan mendesak, maka jangan ragu untuk melakukannya. Hal ini juga berlaku untuk setiap proyek atau kegiatan lainnya. Beralihlah ke tugas yang lebih produktif. Belajarlah dari pengalaman untuk menghindari membuang-buang waktu di kemudian hari.

4. Membuat Rencana untuk Waktu ke Depan

Jangan menjadi orang yang tidak mempunyai rencana untuk dilakukan di masa depan. Mulailah dari sekarang membuat rencana ke depan, agar masa depan terlihat jelas dan tidak membuang waktu berharga Anda.

3 dari 3 halaman

Menghilangkan gangguan

5. Menghilangkan Gangguan

Anda pasti pernah mengalami beberapa kali gangguan, baik dari seseorang atau dari gadget Anda sendiri. Jika masalahnya terdapat pada gadget, maka Anda bisa mencoba mematikannya. Dengan begitu, waktu yang Anda keluarkan akan terasa lebih maksimal.

6. Jaga Dirimu

Tahukah Anda menjadi diri sendiri merupakan hal yang paling penting dalam mengelola waktu. Mengapa? Karena jika Anda sakit, tentunya semua rencana yang sudah diatur matang-matang akan hancur begitu saja. Jadi, jangan lupa untuk tetap mendapatkan banyak tidur dan olahraga sesibuk apapun Anda. (F.Monika S)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini