Sukses

Bisnis Kecil Anda Sering Gagal? Mungkin Ini Penyebabnya

Kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti dalam berbisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti dalam berbisnis, terlebih kegagalan tak pernah pandang bulu. Setiap orang pasti pernah merasakannya, baik kegagalan itu berdampak besar maupun berdampak kecil sekalipun.

Namun, bagaimana jika kegagalan justru menimpa bisnis kecil Anda? Tentunya Anda akan terpuruk dalam kesedihan. Tapi tenang, sekarang Anda tak perlu lagi berlarut-larut dalam kesedihan karena ada kabar baik untuk Anda.

Berikut beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kegagalan bisnis kecil Anda dan cara menghadapinya yang dikutip dari Quickbooks.intuit.com:

1. Berpikir lemah dalam kewirausahaan

Mungkin penyebab gagalnya bisnis kecil Anda adalah karena Anda berpikir lemah dalam kewirausahaan. Sebaiknya, mulailah mengetahui mengapa Anda ingin memulai bisnis. Jangan pernah berpikir untuk mementingkan ego Anda, kini saatnya Anda cek realitas.

Tanpa gairah, tanpa stamina mental dan fisik, atau tanpa sikap Anda yang dapat menerima segala kemungkinan terburuk dalam bisnis, bisnis Anda tidak akan pernah maju.

2. Perencanaan yang buruk

Penyebab lain gagalnya bisnis kecil Anda mungkin karena perencanaan Anda yang buruk. Mulailah berpikir jauh ke depan agar Anda dapat mengatasi setiap masalah yang akan dihadapi dan dapat terhindar dari kegagalan.

3. Kurangnya dana

Kurangnya dana mungkin menjadi faktor penyebab yang sering menimpa sebuah bisnis. Banyaknya perusahaan pemula yang gagal untuk mengamankan dana operasional membuatnya sulit menghadapi beberapa bulan pertama.

Mungkin memang banyak yang meremehkan modal yang diperlukan untuk bisnis yang dijalani. Padahal, hal ini dapat berakibat fatal. Sebaiknya, mulailah memikirkan dana dengan matang agar tidak memberatkan Anda di kemudian hari.

Kurangnya dana

 

4. Lokasi yang salah

Pernahkah Anda menduga bahwa salah satu penyebab gagalnya bisnis kecil Anda adalah karena lokasi yang salah? Oleh karena itu, mulai dari sekarang pikirkan lokasi yang tepat untuk binis Anda. Carilah lokasi yang banyak mendatangkan pelanggan, cukup parkir, bersih, nyaman, dan lain-lain.

Jika Anda mencari lokasi gedung kosong, sebaiknya cari tahu dahulu alasan mengapa orang sebelumnya pindah atau keluar dari bisnis agar Anda dapat mengetahui alasan penyebabnya dan tidak lagi merasakan kegagalan untuk yang kedua kali.

5. Pemasaran yang tidak efektif

Pemasaran yang tidak efektif mungkin menjadi salah satu faktor penyebab gagalnya bisnis kecil Anda. Bagaimana pelanggan tertarik terhadap bisnis Anda jika pelanggan tidak mengetahui bisnis Anda? Sebaiknya mulailah dengan meminta jasa profesional yang dapat menangani semuanya dengan baik.

Mempekerjakan orang yang salah

6. Mempekerjakan orang yang salah

Bisa jadi mempekerjakan orang yang salah menjadi salah satu faktor penyebab gagalnya bisnis kecil Anda. Mulailah mempekerjakan orang yang memiliki kemauan untuk bekerja keras dan yang mampu menunjukkan keterampilannya, Dengan begitu, usaha Anda tidak akan jatuh kembali.

7. Keliru menilai pesaing

Meremehkan pesaing akan sangat berakibat fatal pada bisnis Anda. Jangan pernah Anda meremehkan atau bahkan mengabaikan pesaing, namun mulailah dengan menyiapkan diri untuk menghadapi kegagalan.

Tetaplah update pada perubahan perilaku atau strategi kompetitif. Dengan pemahaman yang komprehensif tentang siapa yang Anda hadapi, Anda dapat lebih baik memposisikan diri untuk hadir dengan segudang ide yang baik mendahului para pesaing Anda. (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini