Sukses

Dolar AS Perkasa Bikin Harga Emas Turun Tipis

Penguatan dolar AS "memaksa" investor asing membayar lebih mahal untuk beli emas.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas berbalik arah melemah seiring dolar Amerika Serikat (AS) naik ke level tertinggi dalam 13 tahun.

Harga emas untuk pengiriman Desember turun 0,1 persen ke level US$ 1.2223,90 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Harga emas sempat di level tertinggi US$ 1.230 per troy ounce pada awal sesi. Harga perak untuk pengiriman Desember turun 0,7 persen ke level US$ 16,92 per troy ounce.

Indeks dolar AS diperdagangkan di kisaran 100,57, dan merupakan level tertinggi sejak April 2003. Penguatan dolar AS memaksa investor asing bayar lebih besar untuk beli emas.

Investor hadapi tekanan harga logam dalam beberapa pekan terakhir seiring data ekonomi AS membaik. Hal itu membuat spekulasi bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve menaikkan suku bunga pada Desember. Ditambah ketidakpastian memudar setelah pemilihan presiden AS.

Beberapa investor pun masuk ke emas seiring aset investasi aman di tengah pasar diliputi gejolak. "Setelah penurunan delapan persen dari level tertinggi baru-baru ini membuat harga emas menarik di level ini," ujar Bob Haberkom, Broker RJO Futures, seperti dikutip dari Wall Street Journal, Kamis (17/11/2016).

Ia menuturkan, investor akan salah beli emas jika merasa harganya murah. Hal itu lantaran dolar AS terlalu menguat.

Sementara itu, Analis Capital Economics mengatakan, harga logam dapat meningkat seiring pertumbuhan global dan perdagangan proteksionis sehingga mendongkrak harga konsumen. Emas cenderung menarik minat pelaku pasar selama terjadi inflasi.

Selain itu, ketidakpastian politik di zona Euro pun memicu minat terhadap aset investasi aman termasuk emas. Italia akan menggelar referendum pada 4 Desember yang dapat goyang pemerintah. Sedangkan Prancis, Jerman dan Belanda akan gelar pemilihan umum (pemilu) tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

Video Terkini