Sukses

Investor Jepang Gandeng Perusahaan Lokal Ekspansi di Indonesia

Perusahaan gabungan Jepang dan Indonesia itu telah bangun pabrik di Karawang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen makanan terbesar asal Jepang, Ezaki Glico, menggandeng perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) lokal, Wings Food dalam produksi dan pemasaran produk es krim di Indonesia.‎ Perusahaan gabungan dengan nama Glico Wings ini menargetkan penjualan produknya mencapai Rp 1 triliun pada 2020.

Presiden Direktur Glico Wings, Hidekazu Kawashima‎ mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduk mencapai 250 juta jiwa. Selain itu dengan mayoritas penduduk berusia 10 tahun hingga 45 tahun menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi produk es krim.

"Sebagai penguasa pangsa pasar es krim di Jepang, kami bekerjasama dengan Wings Food yang menjadi perusahaan produsen maupun distributor produk makanan terkemuka di Indonesia dan membentuk perusahaan gabungan, Glico Wings. Target penjualan Glico di Indonesia pada 2020 diharapkan bisa mencapai Rp 1 triliun," ujar dia di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

‎Dia menjelaskan, kunci pertumbuhan penjualan untuk produk es krim adalah inovasi. ‎Pada 2014 lalu, Bank Pembangunan Asia (ADB) menempatkan Jepang sebagai negara paling efisien dalam mengembangkan kreativitas menjadi inovasi. Jepang meraih nilai unggul pada 36 indikator yang mengukur kapasitas dan insentif untuk inovasi.

"Kami optimis produk es krim yang diproduksi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Dengan pengalaman memproduksi es krim di Jepang serta kekuatan distribusi lokal, perseroan menargetkan menjadi 3 besar produsen es krim di Indonesia pada tahun depan," kata dia.

Sementara itu Marketing Manager Glico Wings, Bernando Tampubolon mengatakan, semua bahan baku dalam pembuatan produk es krim tersebut berasal dari dalam negeri. Produk ini pun dibuat menggunakan teknologi terbaru.

"Produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan kompetitor lain dan investasi bagi cold storage yang digelontorkan perusahaan lumayan besar. Untuk tahap awal, penetrasi pasar akan dilakukan di pulau Jawa dan Sumatera," ungkap dia.

Saat ini Glico Wings telah membangun infrastruktur berupa pabrik di Karawang, Jawa Barat dengan jaringan pemasaran serta distribusi di Jakarta. Sejauh ini, perseroan juga telah menyerap banyak tenaga kerja dari dalam negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini