Sukses

Pasar Modal Bisa Jadi Andalan Pembiayaan Proyek Infrastruktur

Pasar modal bisa diandalkan untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti jalan, pelabuhan dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta Pasar modal bisa menjadi alternatif baru pembiayaan infrastruktur di dalam negeri. Hal ini seiring penurunan kemampuan perbankan nasional.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan, pembiayaan dari pasar modal merupakan bentuk pembiayaan jangka panjang. Sektor ini bisa diandalkan untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti jalan, pelabuhan dan lain-lain.

"Kita butuh pembiayaan jangka panjang melalui pasar modal yang ada di depan. Dari perbankan tidak terlalu besar karena loan to value sudah tinggi. Makanya bangunan pelabuhan dan lain-lain perlu dana jangka panjang," ujar dia dalam acara Ekonomi Outlook bertajuk Ekonomi Indonesia Menyongsong 2017 di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Muliaman menyatakan, jika melihat hal ini maka diperlukan pendalaman pasar modal agar bisa lebih likuid. Namun demikian, permodalan dari sektor perbankan juga masih bisa dilirik untuk pembiayaan infrastruktur.

"Likuiditas bank masih terjaga. Saya lihat situasi agak beda dibandingkan tahun lalu. Ibu Menkeu sudah ambil koreksi yang cukup signifikan, sehingga resikonya tidak lebih besar dari  tahun lalu," kata dia.

Menurut dia, masalah likuiditas ini masih harus ‎menjadi perhatian ke depannya. Namun resiko-resiko yang akan timbul ke depannya bisa dimitigasi dengan pasar yang lebih likuid.

‎"Kredit tumbuh 7 persen-9 persen, ini belum menarik oleh masyarakat. Tapi tidak akan ada tekanan yang ekstrim. Jangka menengah panjang isu likuiditas jadi perhatian tapi kita mitigasi dengan pasar yang lebih likuid," tandas dia.(Dny/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • infrastruktur

Video Terkini