Sukses

Kuasai 7 Kemampuan Ini agar Segera Dapat Kerja

Seseorang perlu memiliki keahliaan dan kemampuan lainnya agar memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendapatkan pekerjaan memang tidak mudah. Apalagi persaingan makin ketat. Mengantongi gelar sarjana saja tak cukup untuk mendapatkan kerja.

Seseorang perlu memiliki keahlian dan kemampuan lainnya agar memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan pekerjaan.

Ingin tahu apa saja kemampuan yang perlu dimiliki? Yuk simak ulasan berikut seperti dilansir dari laman wisebread, Minggu (20/11/2016):

1. Keahlian menulis

Kemampuan berkomunikasi secara langsung salah satu hal perlu dimiliki di setiap pekerjaan. Anda akan berbicara dengan pelanggan, klien, bawahan dan bahkan atasan Anda.

Kemampuan mengekspresikan komunikasi secara jelas dan tepat menjadi kunci membangun komunikasi yang baik sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Akan tetapi, Anda juga perlu memiliki keahlian tak hanya  berkomunikasi verbal dengan baik. Sejumlah posisi juga memerlukan kemampuan menulis bagus antara lain membuat draft email, memo dan laporan.

Anda perlu kemampuan menulis yang baik agar pesan disampaikan dalam laporan tersebut jelas. Bila Anda memiliki kemampuan menulis baik, maka ada kesempatan juga dapat membantu untuk membuat artikel, dan pemasaran sosial media bahkan  blog.

2. Keahlian Atur Waktu

Anda juga perlu mengatur waktu kerja dengan baik. Apalagi bila berhadapan dengan lingkungan kerja yang selalu diliputi tenggat waktu. Jika Anda tidak dapat membuat prioritas dalam mengatur waktu maka Anda dapat ketinggalan dan produktivitas berjalan lamban.

Oleh karena itu, sebagai pegawai juga perlu memiliki keahlian multitasking dan kerja cepat tetapi efisien. Bila Anda hanya mengerjakan satu pekerjaan dengan berjam-jam maka itu dapat membuang waktu.

Berpikir Kreatif

3. Berdamai dengan Situasi yang Buat Stres

Di mana pun Anda bekerja dan apa yang dilakukan mau tak mau harus menghadapi situasi penuh tekanan. Ketika suatu pekerjaan menjadi makin berat, seorang pekerja akan semakin stres dengan yang dihadapinya. Mau tak mau harus bertahan dengan tekanan yang dihadapinya.

Meski demikian bukan berarti Anda tetap bertahan dengan pekerjaan yang dapat menganggu kesehatan. Ada cara untuk "berdamai" dengan tekanan yang dihadapi tanpa Anda harus kalah dengan tekanan tersebut.

4. Berpikir kreatif

Sebuah perusahaan harus berhadapan setiap waktu dengan persaingan. Mereka harus memberikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan ide-ide baru untuk memberikan hal segar kepada pelanggan.

Untuk mendapatkan ide tersebut juga didapatkan dari para pegawai. Jika Anda seseorang berpikir kreatif maka tidak perlu khawatir dan takut untuk menyampaikan ide dan solusi dalam sebuah tim. Siapa tahu ide Anda menjadi pertimbangan perusahaan.

Fleksibel

5. Fleksibel

Bagi pegawai mampu beradaptasi cepat di lingkungan kerja juga sangat baik. Apalagi situasi dan lingkungan kerja tidak akan selalu sama selamanya.

Manajemen perusahaan dapat membuat keputusan dan strategi baru untuk mencapai target. Untuk mencapai target itu butuh dukungan dari pegawai, dan perusahaan membutuhkan pegawai mampu fleksibel hadapi perubahan apapun.

6. Mampu Bekerja dalam Tim

Sejumlah orang memilih bekerja sendiri. Akan tetapi, ketika Anda bekerja dalam sebuah organisasi maka Anda bekerja dengan tim. Kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim sangat baik.

Bekerja tim akan menemui perbedaan pendapatan dan tekanan, meski demikian bila dapat mengatasi hal itu di sebuah tim maka menjadi nilai tambah. Apalagi untuk mencapai target perusahaan. Seperti ada kata pepatah bilang dua kepala lebih baik ketimbang satu.

7. Tetap Bermotivasi

Bekerja dengan memiliki inisiatif tanpa pengawasan langsung menjadi nilai tambah bagi pegawai. Apalagi pegawai tersebut melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya dengan baik. Perusahaan membutuhkan pegawai mampu dapat bekerja dengan baik meski minim pengawasan. Diharapkan pegawai tersebut juga konsisten dan memiliki motivasi baik dalam bekerja. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini