Sukses

3 Rutinitas Pagi yang Buat Anda Lebih Produktif

Kerja dapat menguras semua yang ada pada diri Anda. Mulai dari waktu, tenaga, hingga pikiran tentunya ikut terkuras dalam jumlah yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja dapat menguras semua yang ada pada diri Anda. Mulai dari waktu, tenaga, hingga pikiran ikut terkuras dalam jumlah yang besar. Bila sudah begini, tentunya tak mungkin tubuh Anda mampu bertahan dan justru membuat Anda tak lagi produktif.

Lalu bagaimana cara agar Anda tetap produktif bekerja setiap harinya? Dilansir dari laman Cheatsheet, Senin (21/11/2016), berikut tiga rutinitas pagi yang akan membuat Anda produktif:

1. Bangun Pagi-pagi

Jika waktu tidur di malam hari sudah cukup, ada baiknya bila Anda juga bangun pagi-pagi. Jangan biasakan diri bangun kesiangan agar Anda tidak harus terburu-terburu karena takut terlambat tiba di kantor. Bila sudah terburu-buru, saat tiba di kantor justru seperti kebingungan sendiri.

Buatlah hidup Anda lebih mudah dengan bangun lebih awal sehingga Anda dapat memulai semua dengan tenang dan tertib. Dengan cara ini, saat tiba di kantor, Anda akan berada pada pikiran yang lebih siap untuk bekerja.

2. Sarapan

Mungkin Anda termasuk orang yang jarang sarapan? Mulai sekarang cobalah untuk sarapan dahulu sebelum berangkat.

Studi telah menemukan bahwa sarapan teratur dapat meningkatkan konsentrasi dan memori. Jangan biarkan perut kosong atau hanya terisi kopi di pagi hari. Mungkin tidak apa-apa jika bisa makan di waktu siang.

Namun, bagaimana bila ternyata Anda justru sibuk seharian dan tak punya waktu untuk makan? Tentu Anda akan jatuh sakit. Tak mau bukan? Maka, mulailah sarapan dari sekarang.

Olahraga

3. Olahraga

Biasakanlah diri Anda untuk berolahraga. Anda dapat berolahraga kecil, seperti lari pagi dan yoga. Dengan olahraga, khususnya di waktu pagi, Anda akan lebih santai dan mampu berpikir jernih.

Studi menunjukkan bahwa olahraga membantu mempertajam fokus dan memberikan kontribusi untuk lebih dalam pengambilan keputusan.

Tidur yang Cukup

Meskipun Anda hanya bekerja dalam jangka waktu yang singkat, namun tetap jangan lupakan untuk tidur yang cukup. Jangan paksakan diri Anda. Ingat bahwa Anda bukanlah sebuah robot. Anda memerlukan istirahat.

Kurang tidur hanya membuat Anda kurang fokus dalam bekerja. Jika dibiarkan, tentunya hal ini akan mempengaruhi kinerja Anda.

Beri diri Anda waktu yang cukup untuk istirahat. Tidur setidaknya tujuh hingga sembilan jam di malam hari. Dengan tidur yang cukup, Anda dapat bekerja dengan maksimal.

(Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.